Wajib Tahu, Ini 4 Penyebab HP Mati Sendiri dan Cara Mengatasinya

Zonateknologi.com – Tidak jarang kamu akan mendapati kondisi HP yang sering mati sendiri hingga mengganggu aktivitas. Jika kamu ingin mengetahui penyebab HP mati sendiri dan cara mengatasinya, pembahasan dalam artikel kali ini akan bisa membantu masalahmu.

Beberapa orang mungkin merasa frustrasi dengan kesulitan ini dan menganggap jika sudah waktunya mengganti HP. Padahal, masih ada cara-cara yang bisa diupayakan untuk mengatasinya dengan mencari tahu penyebabnya terlebih dahulu.

Berikut ini beberapa penyebab HP mati sendiri dan cara mengatasinya yang cukup mudah sebelum memutuskan untuk mengganti HP baru.

Penyebab HP Mati Sendiri dan Cara Mengatasinya

Penyebab HP Mati Sendiri dan Cara Mengatasinya
Wajib Tahu, Ini 4 Penyebab HP Mati Sendiri dan Cara Mengatasinya 211

Sebelum mencari tahu penyebab HP mati sendiri dan cara mengatasinya, penting untuk mengetahui penyebab utama gangguan HP yang sering mati sendiri. Berikut penyebab HP mati sendiri yang sering terjadi dan dialami.

HP Rusak

Penyebab utama HP mati sendiri memang seringkali tidak jauh dari alasan kerusakan, baik dalam sistem maupun perangkat dan baterai. Umumnya, kerusakan semacam ini ditandai dengan layar bergaris, aplikasi sering crash, baterai cepat habis, hingga performa HP melambat.

Overheat

Penyebab lain HP sering mati sendiri bisa juga dikarenakan kondisi overheat akibat menjalankan berbagai aplikasi terlalu lama. Kondisi ini membuat CPU HP bekerja terlalu keras yang pada akhirnya menurunkan performa HP dan rentan mati sendiri.

Cache Menumpuk

Cache atau file sampah yang menumpuk juga berpotensi mempengaruhi kinerja dan fungsi HP. Tidak heran jika nantinya HP jadi sering mati sendiri saat cache jarang dibersihkan.

Bug pada Firmware

Bug pada firmware juga berpotensi menurunkan performa HP hingga sering mati sendiri karena sistem operasi tidak stabil dan mempengaruhi daya baterai.

Cara Mengatasi Hp yang Mati Sendiri

Setelah mengetahui beberapa penyebab HP mati sendiri dan cara mengatasinya ini bisa kamu coba lakukan sendiri di rumah. Berikut beberapa di antaranya.

Restart HP

Cara paling mudah mengatasi HP mati sendiri yaitu restart untuk penyegaran sistem supaya performa jadi lebih maksimal. Proses ini juga akan menghapus cache hingga sistem menjadi lebih ringan dan optimal.

Dinginkan HP

Jika penyebabnya karena overheat, kamu bisa mengatasi HP yang mati sendiri dengan cara mendinginkan HP. Cukup dengan mematikan HP dan lepas casing-nya untuk diletakkan di tempat dengan suhu sejuk. Lalu, istirahatkan 30 menit hingga tidak terasa panas lagi baru nyalakan HP kembali.

Hapus Cache

Kamu juga bisa melakukan bersih-bersih cache yang menumpuk sebab kemungkinan kondisi HP mati sendiri terjadi akibat penumpukan file sampah. Ikuti caranya berikut ini.

  • Masuk ke menu “Setting/Pengaturan” di HP.
  • Pilih “Aplikasi”.
  • Lalu, pilih aplikasi yang ingin dihapus cache-nya.
  • Ketuk “Penyimpanan”, lalu ketuk “Hapus Cache”.
  • Lanjutkan dengan restart HP agar kembali optimal.

Update Sistem

Update sistem operasi juga menjadi salah satu cara mengatasi HP yang mati sendiri dengan perbaikan bug dan peningkatan kinerja HP kamu. Berikut caranya cepatnya.

  • Masuk ke menu “Setting/Pengaturan”.
  • Klik “Tentang Perangkat” atau “About Phone”.
  • Lalu, pilih “Perbarui Sistem” atau “Update System”.
  • Setelah itu, klik “Periksa Pembaruan” atau “Check Update”.
  • Klik “download” dan instal pembaruan sistem yang tersedia.
  • Setelah selesai, restart HP kamu.

Factory Reset

Cara terakhir untuk mengatasi HP mati sendiri yaitu dengan factory reset untuk mengembalikan pada pengaturan pabrik. Kamu hanya perlu mengikuti langkah-langkah berikut ini. 

  • Matikan HP, lalu tekan dan tahan tombol Power dan Volume Down secara bersamaan.
  • Lepaskan tombol Power saja saat logo HP muncul.
  • Jika menu “Recovery Mode”, gulir ke bawah dengan tombol Volume dan pilih “Hapus data/reset pabrik”.
  • Pilih dengan menekan tombol Power. 
  • Lalu, pilih “Ya” dan unggu proses reset hingga selesai.

Nah, itulah tadi pembahasan tentang penyebab HP mati sendiri dan cara mengatasinya yang cukup mudah dilakukan. Pastikan untuk mengetahui penyebabnya terlebih dahulu agar bisa memilih cara yang tepat untuk mengatasi kondisi HP mati sendiri.

You might also like