Jalur Kiprok Supra : Penjelasan Lengkap, Warna Kabel, dan Fungsinya

Bagi pecinta otomotif terutama sepeda motor, pasti tidak asing lagi dengan komponen bernama jalur kiprok supra. Komponen kelistrikan ini berfungsi untuk mengatur arus dari dan menuju aki sepeda motor itu sendiri. Peranan kiprok sangat penting, karena selain untuk mencegah korsleting listrik, kiprok juga bisa membantu memperpanjang masa pakai komponen kelistrikan pada sepeda motor.

Seperti komponen kelistrikan pada umumnya, kiprok pada motor supra juga bisa mengalami beberapa masalah. Seperti korosi, atau kerusakan fisik lainnya. Jika kiprok bermasalah, maka secara otomatis distribusi arus listrik pada sepeda motor juga akan terganggu. Baterai (aki) tidak bisa terisi dengan baik, dan sistem kelistrikan motor jadi tidak optimal.

Untuk mengatasi hal tersebut, perlu dilakukan perbaikan salah satunya adalah dengan mengganti soket kiprok supra dengan yang baru. Dan di postingan kali ini saya akan membahas tentang  Jalur Kiprok Supra. Salah satu sepeda motor favorit warga Indonesia.

Jalur Kiprok Supra

Jalur Kiprok Supra sebenarnya tidak jauh berbeda dengan Jalur Kiprok Nmax. Terdiri dari empat kabel dengan warna berbeda, yang memiliki fungsi berbeda pula.

Kabel Merah

Kabel ini berfungsi merupakan soket positif (+) dari aki, untuk menyalurkan arus listrik dari spul kemudian diteruskan ke aki oleh kiprok.

Kabel Hijau

Kabel hijau pada kiprok Supra merupakan kabel ground atau negative (-). Artinya, kabel ini tidak menyalurkan arus listrik sama sekali. Jika ada listrik yang masuk ke kabel ini, maka akan terjadi korsleting.

Kabel Kuning

Jalur kiprok pada motor Supra selanjutnya adalah kabel kuning. Fungsinya untuk mengatur pencahayaan pada lampu sepeda motor. Kabel ini masuk ke kiprok, dan langsung masuk ke saklar lampu. 

Kabel Putih

Yang terakhir ada kabel putih. Kabel ini berfungsi untuk mengatur arus pengisian dari spul yang masuk ke kiprok. Arus diatur agar tetap berada di tegangan 14,5 V. Karena jika lebih, kemungkinan besar aki akan meledak akibat tegangan yang terlalu tinggi.

Mungkin itu saja informasi mengenai Jalur Kiprok Supra kali ini. Semoga bermanfaat.

You might also like