5 Jalur Kiprok Nmax : Warna dan Penjelasannya

Jalur kiprok Nmax sering sekali dicari oleh para teknisi motor untuk memperbaiki masalah perapian. Nmax merupakan salah satu motor matic yang populer. Motor keluaran Yamaha ini banyak digunakan di Indonesia. Sama seperti sepeda motor pada umumnya, Nmax juga memiliki banyak elemen kelistrikan. Salah satunya adalah Kiprok.

Lalu bagaimana jalur kiprok pada motor Nmax? Berikut pembahasannnya.

Apa Itu Kiprok?

Sebelum membahas lebih lanjut tentang jalur kiprok Nmax, terlebih dahulu kita akan bahas tentang pengertian Kiprok.

Dikutip dari beberapa sumber, kiprok alias ‘rectifier regulator’ merupakan salah satu komponen kelistrikan yang ada pada sepeda motor. Fungsinya adalah untuk mengatur tegangan listrik ke aki motor.

Jika arus ke aki terlalu besar, maka berpotensi menyebabkan over charge. Begitupun jika arusnya terlalu kecil, akan menyebabkan aki mudah tekor dan memengaruhi masa pakai aki motor itu sendiri.

Di sinilah kiprok bekerja. Kiprok akan menstabilkan arus (dari dan ke aki), sehingga bisa memperpanjang masa pakai komponen kelistrikan pada sepeda motor.

Selain itu, kiprok juga berfungsi untuk mengatur arus listrik dari aki ke lampu motor. Jika arusnya terlalu besar, kiprok akan menyesuaikan agar lampu tidak mudah putus.

Jalur Kiprok Nmax

Setelah mengetahui tentang apa itu kiprok, selanjutnya kita bahas tentang jalur kiprok Nmax. 

Secara umum, jalur kiprok Nmax terbagi menjadi empat bagian.

1. Kabel Merah

Kabel merah merupakan kabel positif (+) yang berasal dari aki. Kabel ini berfungsi untuk menyalurkan arus listrik dari spull ke aki.

2. Jalur Kosong

Di motor Nmax, jalur kosong ini sebenarnya tidak terpakai. Tapi di sepeda motor lain, biasanya digunakan sebagai jalur alternatif.

3. Kabel Hitam

Terletak di sebelah jalur kosong, kabel warna hitam di kiprok Nmax berfungsi untuk menghubungkan ke massa/ground (-).

4. Kabel Putih

Berada di ujung kiri bawah, ini merupakan soket penghantar arus dari spull (+). Selain itu, soket ini juga berfungsi untuk menghambat tegangan listrik agar tetap stabil dan tidak lebih dari 14,5 V.

5. Kabel Hijau

Yang terakhir adalah kabel warna hijau. Kabel ini berfungsi untuk menghantarkan arus dari spull negatif (-).

Mungkin itu saja informasi tentang jalur kiprok Nmax kali ini. Semoga bermanfaat.

You might also like