Cara Reset Laptop Acer Tanpa Hapus Semua Data

Mau tahu cara reset laptop acer Jika iya, yuk kamu bisa simak penjelasan artikel ini sampai selesai untuk mengetahui detail informasinya.

Bagi kamu yang belum pernah reset laptop, cara ini tentunya masih terdengar asing. Namun, reset sebuah laptop sebaiknya kamu lakukan jika laptop sedang mengalami masalah misalnya, terkena virus, file corrupt atau menghapus program yang tidak penting.

Dalam beberapa kasus, masalah yang timbul di laptop tidak mudah untuk kamu atasi. Maka salah satu cara terbaik adalah dengan mereset laptop ke pengaturan pabrik (default). Harapannya, semua pengaturan di laptop bisa kembali seperti saat beli baru.

Selain itu juga, performa laptop kamu bisa menjadi lebih optimal dan efisien. Jika kamu ingin mengembalikan laptop ke pengaturan awal, coba kamu pahami dan praktikkan langkah-langkahnya seperti di bawah ini.

Cara Reset Laptop Acer ke Setelan Pabrik

Berikut ini adalah beberapa cara reset laptop yang bisa kamu gunakan ketika ingin mereset laptop acer supaya kembali ke setelan pabrik.

1. Back Up Data

Cara pertama untuk reset laptop acer kamu harus melakukan back up data yang terdapat di dalam laptop. Tujuannya supaya data penting kamu tidak hilang selama proses reset, karena proses ini memang akan menghapus semua data yang ada di dalam laptop kamu.

Kamu bisa back up data penting dengan menggunakan hardisk eksternal untuk menyimpan semua data sementara sampai proses reset selesai. Jangan sampai kamu melupakan hal ini jika tidak ingin terjadi semua data penting terhapus saat proses reset.

2. Matikan Semua Aplikasi berjalan

Jika masih ada aplikasi yang berjalan kemungkinan akan mempengaruhi proses reset. Hal ini juga akan membuat memprosesnya semakin lama.

Harus kamu pastikan laptop dalam keadaan tidak membuka aplikasi lain sebelum kamu melakukan mereset supaya proses ini bisa kamu lakukan dengan mudah. Biasanya proses mereset akan membutuhkan waktu beberapa saat, maka dari itu kamu haru memastikan tidak ada aplikasi lain yang terbuka.

3. Melepaskan Semua Perangkat yang menempel

Untuk cara selanjutnya kamu bisa lepas semua perangkat yang menempel di laptop seperti DVD, USB, dan Hardisk eksternal. Kemudian silahkan kamu tekan tombol power sampai proses booting. Saat proses ini muncul kamu bisa tekan tombol ALT + F10 dan kamu tinggal menunggu proses loading.

Harus kamu pastikan jangan sampai ada perangkat yang menempel di laptop kamu supaya proses reset nya bisa di lakukan berjalan dengan sangat lancar. Kemudian kamu bisa ikuti untuk langkah selanjutnya sebelum mulai proses mereset laptop acer.

4. Memilih Menu Acer Recovery Management

Setelah kamu sudah melepaskan semua perangkat, untuk cara berikutnya kami bisa pilih menu System From Factory Default, untuk lanjutkan proses selanjutnya kamu klik next dan klik next kembali.

Jika sudah, silahkan klik menu oke untuk menjalankan fitur mereset di laptop acer tersebut, sebelum itu kamu baca semua yang berisi informasi tersebut. Biasanya ada peringatan bahwa semua data di dalam laptop akan terhapus dan akan kembali ke setelan pabrik.

Jika kamu sudah menyetujuinya silahkan klik oke. Karena sebelumnya kamu sudah back up semua data sebelum kamu lakukan reset. Maka kamu masih memiliki file berkas duplikat meskipun semua data sudah terhapus dari laptop kamu.

Akhir Kata

Demikianlah itu cara reset laptop acer yang telah kami sampaikan semoga bermanfaat.

You might also like