Cara Reset HP Samsung yang Terkunci, Ini 1 Tutorial Mudahnya!

Zonateknologi.com – Apakah kamu sedang kesulitan untuk membuka HP Samsung milikmu yang terkunci? Pembahasan dalam artikel kali ini akan membantumu terkait cara reset HP Samsung yang terkunci, baik PIN, password, pola maupun fingerprint dan faceunlock.

Cara paling mudah yang umumnya menjadi langkah terakhir yang diupayakan untuk mengatasi HP Samsung yang terkunci adalah dengan reset pabrik. Sayangnya, proses ini membuat semua file dan data yang tersimpan dalam HP Samsung milikmu akan hilang.

Namun, factory reset memang diperlukan agar HP Samsung bisa kembali digunakan mengingat kondisi terkunci akan menyulitkan. Dengan menerapkan langkah ini, kamu mungkin akan kehilangan semua isi memori HP demi bisa menggunakannya kembali.

Padahal, sebenarnya jika hanya lupa PIN, kamu masih bisa membuka kunci tanpa menjalankan factory reset andai sudah mengaktifkan Find My Mobile pada situs findmymobile.samsung.com yang menyediakan fitur unlock.

Jika kamu belum mengaktifkannya, tentu saja cara pengaturan ulang atau reset menjadi satu-satunya jalan yang bisa diterapkan. Lalu, bagaimana cara reset HP Samsung yang terkunci? Berikut penjelasan detailnya lengkap dengan langkah-langkah runut yang bisa kamu ikuti.

Cara Reset HP Samsung yang Terkunci

Cara Reset HP Samsung yang Terkunci
Cara Reset HP Samsung yang Terkunci, Ini 1 Tutorial Mudahnya! 211

Sebenarnya, semua merek HP, termasuk Samsung, memiliki menu reset pabrik pada bagian Pengaturan atau Setting. Namun, kondisi HP yang terkunci tidak memungkinkan untuk masuk ke menu tersebut hingga kamu terpaksa melakukan reset manual melalui menu Android Recovery.

Cukup ikuti tutorial berikut ini terkait cara reset HP Samsung yang terkunci jika ingin mengakses Android Recovery agar HP bisa digunakan kembali.

  • Matikan HP Samsung milikmu terlebih dahulu.
  • Setelah itu, tekan dan tahan tombol Volume Atas bersamaan dengan tombol Power sampai muncul logo Samsung. 
  • Kemudian lepaskan semua tombol yang kamu tekan tadi dan tunggu hingga muncul menu pemulihan.
  • Lalu, pilih opsi “Wipe Data/Factory Reset” dengan menggunakan tombol Volume Down dan tekan tombol Power untuk langkah konfirmasi lanjutan.
  • Lanjutkan dengan memilih opsi “Yes” untuk menghapus semua data pengguna.
  • Berikutnya, tekan tombol Power untuk memilih menu “Reboot System Now”.
  • Tunggu proses factory reset selesai untuk me-restart HP Samsung milikmu.

Sebagai catatan tambahan, tutorial reset HP Samsung yang terkunci di atas digunakan untuk tipe dengan One UI berbasis Android 9 Pie. Sedangkan untuk tipe HP Samsung dengan Android IOS di bawahnya atau belum di-update, caranya mungkin sedikit berbeda.

Misalnya, untuk Samsung J2 Prime atau seri lainnya dengan tombol fisik home, kamu harus menekan tombol “Power + Home + Volume Atas” untuk mereset HP Samsung yang terkunci. Jika sudah berhasil masuk ke menu “System Recovery”, kamu tinggal mengikuti langkah-langkah seperti di atas.

Setelah proses Reboot selesai, HP Samsung milikmu akan kembali ke pengaturan bawaan pabrik. Semua file dalam memori, seperti foto, video, aplikasi, serta game yang terinstal, akan terhapus dan hanya tersisa data yang tersimpan di memori eksternal.

Dampak dari proses reset yang telah dijalankan juga akan meminta kamu untuk memasukkan akun Google untuk login kembali saat HP dinyalakan sekaligus sebagai bagian dari sistem keamanan smartphone. Jadi, pastikan akunmu sudah benar agar smartphone milikmu bisa diakses kembali.

Demikianlah tutorial singkat tentang cara reset HP Samsung yang terkunci dengan mudah andai kamu mengalami masalah untuk membuka kunci PIN, password, pola, fingerprint, dan faceunlock. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

You might also like