Cara Penggunaan Komputer yang Baik dan Benar

Di era yang serba canggih seperti saat ini cara penggunaan komputer sangat penting untuk diketahui para pelajar dan pekerja.

Karena komputer merupakan salah satu alat yang sudah dimanfaatkan untuk melakukan berbagai pekerjaan sejak pertama kali ditemukan pada tahun 1822.

Jika dulu perangkat keras tersebut dimanfaatkan untuk menyelesaikan perhitungan yang, namun saat ini komputer dapat digunakan untuk berkomunikasi sampai mengakses internet.

Nah, bagi kamu para pengguna komputer pemula tentunya akan merasa bingung mengenai cara penggunaan komputer.

Cara Penggunaan Komputer

Adapun beberapa hal yang harus kamu perhatikan sebelum kamu menggunakan komputer yaitu pastikan apakah semua perangkat sudah terpasang dengan sempurna atau belum.

Perangkat-perangkat komputer yang harus kamu perhatikan sebelum menggunakannya yaitu perangkat keras (hardware) yang terjadi dari komponen fisik komputer seperti CPU, Mother Board, RAM, VGA, DVD, USB, Monitor, printer, speaker dan yang lain sebagainya.

Sedangkan untuk perangkat lunak (software) biasanya terdiri dari data-data air elektronik yang tersimpan dan dikendalikan oleh perangkat komputer seperti sistem operasi dan juga aplikasi.

Lantas, Bagaimana cara penggunaan komputer? Nah, bagi kamu Yang penasaran bisa langsung saja menyimak penjelasan serta informasi berikut ini:

1. Hidupkan Komputer

Sebelum kamu bisa menggunakan komputer, apakah kamu harus memastikan untuk menyalakan terlebih dahulu perangkat tersebut.

Cara untuk menghidupkan komputer ini dapat dikatakan sangat mudah dan tidak banyak memakan waktu.

Caranya yaitu carilah tombol daya atau power untuk menghidupkan dan mematikan komputer, letak tombol tersebut pada umumnya berada di depan kota casing CPU.

Setelah itu tekan tombol power sampai terdengar bunyi klik dan tunggu beberapa menit sebelum memutuskan untuk menggunakannya.

Proses tersebut biasanya disebut booting, pada saat sudah muncul tampilan sistem operasi Windows di layar monitor berarti komputer sudah siap digunakan.

Biasanya setelah komputer selesai booting, maka kamu akan membutuhkan login terlebih dahulu. Login ini merupakan proses identifikasi dari pengguna komputer yang biasanya dilakukan dengan mengetik atau memilih profil nama pengguna.

Lalu kamu dapat mengisi kata sandi (password), hal tersebut biasanya dilakukan jika kamu belum pernah login sebelumnya.

2. Operasikan Komputer

Layar utama komputer merupakan sebuah layar desktop, di mana layar tersebut menjadi menu utama yang dapat kamu akses setiap kali kamu selesai menghidupkan komputer.

Dengan melalui layar desktop tersebut, kamu bisa mengakses aplikasi dan fitur-fitur lainnya yang ada di dalam komputer tersebut.

Nantinya di dalam layar utama komputer akan ada icon yang digunakan sebagai penanda unik dari berbagai macam berkas, aplikasi, dan instruksi pada komputer kamu.

Nah icon tersebut berupa gambar kecil yang bertujuan sebagai simbol atau logo representasi unik dari berkas, aplikasi atau sesuatu di komputer.

Jika kamu ingin membuka suatu aplikasi maupun berkas, maka kamu tinggal dobel (2 kali) klik saja pada suatu ikon yang ingin kamu buka.

Bila kamu membuka aplikasi maupun folder, maka keduanya akan ditampilkan pada jendela (windows) itu sendiri.

Jendela merupakan salah satu wadah (kontainer) yang di dalamnya berisi berkas maupun sesuatu seperti gambar dalam gambar.

Jika dirasa sudah cukup melakukan kegiatan di depan komputer, maka jangan lupa untuk mematikan perangkat tersebut.

3. Mematikan Komputer

Mematikan komputer setelah seharian kamu pakai menjadi salah satu bagian penting, hal tersebut dilakukan supaya perangkat didalamnya dapat membersihkan diri.

Tidak hanya itu saja, kegiatan ini juga dilakukan supaya bisa mengurangi risiko kerusakan pada komputer tersebut. Berikut cara mematikan komputer:

  • Pastikan terlebih dahulu kamu sudah menutup semua program yang dapat dijalankan dan arahkan mouse ke bawah.
  • Kemudian kamu bisa mengklik jendela atau start dan lanjutkan dengan memilih shit down.
  • Setelah itu biarkan proses shutdown berjalan secara otomatis sampai komputer tersebut mati.
  • Bagi komputer power supply AT, Maka matikan tombol power pada casing CPU. Sedangkan pada komputer yang menggunakan power supply ATX, maka perangkat biasanya akan langsung mati tanpa harus menekan tombol power.

Akhir Kata

Demikian cara penggunaan komputer yang dapat kamu coba ikuti, semoga penjelasan serta informasi yang kami bagaikan kalian bisa benar-benar membantu dan bermanfaat.

You might also like