Cara Merubah Arah Putaran Dinamo 1 Phase CW CCW 100% Work

Zonateknologi.com – Cara merubah arah putaran dinamo 1 phase menjadi menarik untuk dibicarakan, apalagi bagi kamu anak sekolahan yang sedang melaksanakan praktikum atau hanya sekedar ingin mempelajari apa itu motor 1 phase.

Sebagai awalan, dinamo motor 1 phase artinya listrik input yang dibutuhkan untuk menggerakkan suatu dinamo itu menggunakan tegangan listrik 220VAC, sedangkan untuk dinamo motor 3 phase, digerakkan oleh tegangan input sebesar 340VAC. Biasanya dinamo 3 phase digunakan untuk pekerjaan berat seperti diaplikasikan pada industrial pabrik, dan lain sebagainya.

Lalu apa itu CW dan CCW yang biasa dikenal juga sebagai clock wise dan counter clock wise. Dari singkatan bahasa inggris yang sudah disampaikan kita sudah dapat mengetahui, kalau CW adalah putaran motor atau dinamo mengikuti arah putaran jam, sedangkan CCW adalah putaran dinamo motor lawan arah dari putaran jam.

Biasanya cara merubah arah putaran dinamo 1 phase ini digunakan untuk membuat pagar pintu otomatis, yang memerlukan arah putaran dinamo motor menjadi CW atau CCW. Dan banyak lagi contoh penerapan lainnya untuk keperluan merubah arah putaran dinamo.

Cara Merubah Arah Putaran Dinamo

Dalam penerapannya, sudah banyak sekali dinamo motor 1 phase yang dijual di pasaran dengan spesifikasi tertentu. Sebagai contoh, kami akan memberikan satu gambar dinamo motor 1 phase multifungsi.

cara merubah arah putaran dinamo

Bisa dilihat pada gambar di atas sudah termasuk satu set komplit dinamo motor 1 phase, yang terdiri dari:

  • Gear head
  • Motor 1 phase
  • Speed control

Agar kamu dapat merubah arah putaran dinamo 1 phase menjadi CW atau CCW, bisa perhatikan pada unit komponen speed control. Di belakang wiring speed control terdapat sambungan yang menentukan arah putaran dinamo, seperti gambar di bawah ini.

IMG 20240304 205158 jpg

Jika kamu ingin membuat arah putaran dinamo searah jarum jam, hubungkan konektor COM ke konektor CW menggunakan kabel jumper apapun itu. Begitu juga sebaliknya dengan menghubungkan COM ke CCW untuk mendapatkan lawan arah putaran jam.

Dari sini kamu sudah dapat memahami bukan bagaimana cara merubah arah putaran dinamo 1 phase? Lalu menjadi pertanyaan kembali. Apakah bisa kedua putaran tersebut berjalan secara otomatis jika fungsinya seperti buka tutup botol atau menerapkan fungsi lampu pengawas seperti di pantai-pantai.

Jawabannya sangat bisa! Kamu hanya perlu menambahkan 1 komponen saja yang bernama relay timer otomatis. Bisa cek di pasaran online dengan kata kunci tersebut. Akan kami bantu bahas juga cara membuat arah putaran dinamo CW CCW otomatis.

Membuat Arah Putaran Dinamo CW CCW Otomatis

Setelah mengerti bagaimana cara merubah arah putaran dinamo, sekarang muncul kembali pertanyaan bagaimana sih caranya membuat arah putaran dinamo CW CCW otomatis berjalan secara bersamaan dengan timer atau delay waktu tertentu.

relay timer

Silakan cari di google dengan kata kunci relay timer dc, persis seperti gambar di atas. Fungsi relay tersebut seperti namanya, yaitu bisa on off dengan memanfaatkan pin no dan nc yang terdapat pada relay dalam waktu tertentu. Delay waktu yang dapat disetting menggunakan modul tersebut bisa sampai waktu menit hingga jam.

Untuk cara setting nya, kamu bisa menonton video Youtube di sini.

Silakan tonton terlebih dahulu video cara setting di atas agar kamu bisa memahami cara kerja dari modul relay tersebut. Spesifikasi yang ditawarkan modul tersebut cukup menarik, tegangan kerja input nya mulai dari 6-30VDC dan bisa juga menggunakan soket charger hp pada umumnya.

Jadi, dengan menggunakan modul tambahan relay timer dc ini untuk membuat arah putaran dinamo menjadi CW CCW secara otomatis, kamu juga perlu menambahkan adaptor 12V atau charger hp untuk menghidupkan unit tersebut.

Cara Wiring CW CCW Otomatis

Agar kamu bisa menjalankan dinamo motor 1 phase secara otomatis, kamu bisa ikuti langkah-langkah berikut di bawah ini.

  • Hubungkan tegangan input 6-30VDC untuk menghidupkan modul
  • Setting terlebih dahulu berapa detik relay akan bekerja on off.
  • Hubungkan output NC dan NO ke salah satu jalur yang ada di speed control dinamo motor.
  • Pastikan semua terhubung dengan sempurna. Lalu hidupkan modul.
  • Dinamo motor 1 phase berhasil berputar secara otomatis.

Gimana, menarik bukan artikel kami terkait cara merubah arah putaran dinamo 1 phase yang aslinya CW menjadi CCW, hingga pembahasan cara memutar dinamo otomatis CW CCW. Tetap ikuti artikel menarik lainnya dari kami zonateknologi.com ya, terimakasih.

You might also like