8 Cara Menghemat Baterai Xiaomi Tanpa Root yang Efektif, Cek Nomor 1 dan 5 yang Selalu Diabaikan!

Zonateknologi.com – Baterai adalah nyawa dari setiap perangkat pintar, termasuk ponsel pintar Xiaomi Anda. Namun sayangnya masih belum banyak yang tahu cara menghemat baterai Xiaomi tanpa root.

Menghemat baterai pada perangkat Xiaomi Anda bisa menjadi tantangan, tetapi dengan beberapa langkah sederhana, Anda dapat memperpanjang masa pakai baterai perangkat Anda tanpa harus melakukan proses root. Bagaimana cara menghemat baterai Xiaomi tanpa root?

Cara Menghemat Baterai Xiaomi Tanpa Root

cara menghemat baterai xiaomi tanpa root
8 Cara Menghemat Baterai Xiaomi Tanpa Root yang Efektif, Cek Nomor 1 dan 5 yang Selalu Diabaikan! 213

Berikut adalah beberapa tips atau cara menghemat baterai Xiaomi tanpa root yang efektif dan bisa Anda lakukan sendiri di rumah, antara lain:

1. Atur Kecerahan Layar secara Otomatis

Layar ponsel adalah salah satu komponen yang menggunakan daya baterai paling besar. Mengatur kecerahan layar secara otomatis akan membantu mengurangi konsumsi daya secara signifikan. Xiaomi biasanya dilengkapi dengan fitur ini di dalam pengaturan layar. Aktifkan opsi “Brightness level” atau “Adaptive brightness” untuk menggunakan sensor cahaya otomatis.

2. Nonaktifkan Notifikasi yang Tidak Penting

Notifikasi yang terus-menerus muncul dapat menguras daya baterai dengan cepat. Tinjau aplikasi mana yang boleh memberikan notifikasi dan nonaktifkan notifikasi yang tidak penting, terutama dari aplikasi yang jarang Anda gunakan.

3. Gunakan Mode Hemat Daya

Xiaomi biasanya menyediakan mode hemat daya bawaan yang dapat Anda aktifkan untuk menghemat daya baterai. Mode ini membatasi kinerja perangkat, mengurangi sinkronisasi latar belakang, dan membatasi aplikasi yang berjalan di latar belakang. Anda dapat mengaktifkan mode hemat daya melalui Pengaturan > Baterai & Performa > Mode hemat daya.

4. Nonaktifkan Koneksi Nirkabel yang Tidak Digunakan

Koneksi nirkabel seperti Wi-Fi, Bluetooth, dan GPS dapat mengonsumsi daya baterai yang signifikan jika dibiarkan aktif terus-menerus. Pastikan untuk mematikan koneksi yang tidak sedang digunakan, terutama saat Anda tidak membutuhkannya.

5. Hapus Aplikasi Berjalan di Latar Belakang

Beberapa aplikasi memiliki kebiasaan berjalan di latar belakang secara otomatis, bahkan setelah Anda menutupnya. Ini dapat menguras daya baterai tanpa disadari. Tinjau aplikasi mana yang berjalan di latar belakang dan hentikan atau batasi aplikasi yang tidak perlu berjalan terus-menerus.

6. Pilih Tema Gelap

Cara menghemat baterai Xiaomi tanpa root lainnya adalah dengan menggunakan tema gelap pada perangkat Xiaomi dengan layar AMOLED atau OLED dapat membantu menghemat daya baterai. Tema gelap mengurangi jumlah piksel yang dinyalakan, sehingga mengurangi konsumsi daya baterai.

7. Batasi Penggunaan Widget dan Live Wallpaper

Widget dan live wallpaper yang bergerak atau terus memperbarui informasi dapat menguras daya baterai dengan cepat. Batasi penggunaan widget dan live wallpaper, terutama yang tidak memberikan nilai tambah yang signifikan bagi pengalaman pengguna Anda.

8. Perbarui Perangkat Lunak Secara Berkala

Xiaomi secara teratur merilis pembaruan perangkat lunak yang mencakup perbaikan bug dan peningkatan efisiensi daya. Pastikan untuk memeriksa pembaruan perangkat lunak secara berkala dan perbarui perangkat lunak Anda ke versi terbaru untuk mendapatkan manfaat dari peningkatan efisiensi daya.

Dengan menerapkan cara menghemat baterai Xiaomi tanpa root di atas, Anda dapat menghemat daya baterai Xiaomi Anda tanpa harus melakukan proses root. Selamat mencoba!

You might also like