Cara Menghapus Sheet di Excel dengan  7 Metode Praktis

Zonateknologi.com – Apakah anda pengguna baru Microsoft Excel yang saat ini sedang melakukan pengolahan data ? Di lembar kerja Excel anda dapat membuat banyak sheet untuk mengorganisir data secara efisien. Namun terkadang, pengguna baru merasa kesulitan saat ingin menghapus sheet yang tidak diperlukan lagi. Cara menghapus sheet di Excel sebenarnya dapat dilakukan dengan mudah.

Cara Menghapus Sheet di Excel dengan  7 Metode Praktis

cara menghapus sheet di Excel
Cara Menghapus Sheet di Excel dengan  7 Metode Praktis 178

Walaupun sebenarnya cara menghapus sheet di Excel dapat dilakukan dengan mudah, namun hal itu agak sedikit sulit dilakukan oleh sebagian pengguna. Nah, untuk itu sebaiknya cari tahu cara menghapus sheet di lembar kerja Excel dengan berbagai metode praktis yang akan dibahas pada artikel ini.

Menghapus dengan Klik Kanan

Metode pertama untuk menghapus sheet di lembar kerja Excel dengan praktis adalah menggunakan klik kanan pada nama sheet yang ingin dihapus. Langkah menghapusnya sangat mudah, cukup klik kanan pada nama sheet yang ingin dihapus di bagian bawah jendela Excel, kemudian pilih opsi “Hapus”. Cara menghapus sheet di Excel satu ini adalah metode praktis yang paling menghemat waktu.

Menghapus dengan Tombol Keyboard

Alternatif lain untuk menghapus sheet yang tidak diperlukan lagi adalah menggunakan keyboard. Cara ini terbilang mudah karena tidak perlu memakai mouse. Adapun langkah-langkahnya dimulai dengan memilih sheet yang ingin dihapus, lalu tekan tombol “Ctrl” dan “D” secara bersamaan. Secara otomatis, sheet akan langsung terhapus tanpa perlu mengklik tombol. 

Menghapus dengan Menu Ribbon

Cara menghapus sheet di Excel berikutnya dapat dilakukan dengan menggunakan menu ribbon yang ada di bagian atas jendela Excel. Mulai dengan memilih tab “Sheet” di ribbon, lalu klik pada tombol “Hapus” yang terletak di grup “Sheet Options” dan otomatis sheet akan terhapus.

Menghapus Lebih dari Satu Sheet 

Jika anda ingin menghapus lebih dari satu seet secara bersamaan, Excel juga menyediakan fitur untuk menghapusnya dengan praktis. Tahan tombol “Ctrl” pada keyboard lalu pilih nama-nama sheet yang ingin dihapus dengan cara mengkliknya satu per satu. Kemudian setelah semua sheet terpilih, gunakan salah satu metode yang telah disebutkan diatas untuk menghapusnya dengan cepat.

Menghapus Menggunakan VBA (Visual Basic for Appliocations)

Adapun cara menghapus sheet di Excel dengan metode praktis lainnya dapat dengan memanfaatkan VBA. Untuk menghapus sheet secara efisien, buka editor VBA dengan menekan “Alt” + “F11”, lalu masukkan kode tertentu untuk menghapus sheet secara otomatis.

Menghapus dengan Power Query

Excel menyediakan Power Query sebagai alat yang kuat untuk mengelola dan membersihkan data di lembar kerja. Alat ini rupanya juga berfungsi untuk menghapus sheet dengan filter yang lebih kompleks. 

Caranya pun cukup mudah, mulai dengan buka Power Query dengan memilih tab “Data” di ribbon, kemudian klik “From Table/Range” dan pilih tabel yang berisi daftar sheet anda. Terakhir, terapkan filter lalu barulah anda bisa menghapus sheet yang tidak diperlukan lagi.

Menghapus Menggunakan Macro

Metode terakhir adalah menghapus dengan menggunakan macro. Cara ini terbilang lebih terotomatisasi, mulailah dengan merekam tindakan anda saat menghapus sheet menggunakan salah satu metode diatas, lalu simpan rekaman tersebut sebagai macro. Sehingga kapan pun ingin menghapus sheet, anda dapat menjalankan macro dengan langkah-langkah yang sama.

Nah, itulah dia berbagai cara menghapus sheet di Excel dengan metode praktis. Setelah memahami berbagai metode ini, anda mungkin dapat menjalankan Microsoft Excel dengan lebih fleksibel saat mengelola sheet sesuai kebutuhan. Akhir kata, semoga artikel ini bermanfaat ya.

You might also like