Cara Mengganti Pengaturan IP Address Secara Manual di Windows

Banyak sekali para pengguna yang belum mengetahui cara mengganti pengaturan IP address secara manual di Windows.

Padahal cara melakukannya dapat dibilang cukup mudah dan praktis, penasaran dengan caranya? Langsung saja simak informasi yang kami bagikan dibawah ini.

IP address menjadi salah satu komponen paling penting yang dapat memungkinkan para penggunanya untuk melakukan segala aktivitas secara online.

Dengan adanya IP address tersebut membuat kamu bisa dengan mudah mendapatkan informasi yang kamu inginkan di jaringan internet maupun jaringan lokal.

Tentunya setiap perangkat selalu memiliki IP address, namun sayangnya IP address ini sering kali diabaikan.

IP address merupakan singkatan dari internet protocol address yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi setiap perangkat yang terhubung ke jaringan komputer yang menggunakan internet protocol IP untuk komunikasi data di internet atau jaringan lokal.

Tidak hanya itu saja, bahkan masih banyak lagi fungsi dari IP address tersebut.

Fungsi IP Address

Berikut ini ada beberapa fungsi dari IP address yang harus kamu ketahui, diantaranya yaitu:

1. Pengiriman Data

Selain IP address tersebut dapat digunakan untuk mengidentifikasikan setiap perangkat yang terhubung ke jaringan.

Ternyata IP address ini juga dapat digunakan Untuk mengerahkan dan mengirimkan data antara sumber dan tujuan di jaringan.

Pada saat kamu mengakses sebuah web serta mengirim email, tentunya data tersebut akan dikemas menjadi paket data dengan alamat IP tujuan dan alamat IP asal.

Sehingga nantinya paket data tersebut dapat dikirimkan ke perangkat yang tepat.

2. Koneksi Internet

Pada saat perangkat terhubung ke internet tentunya akan diberikan alamat IP publik yang unik.

Alamat IP publik tersebut dapat memungkinkan perangkat untuk berkomunikasi dengan perangkat lain di internet serta dapat menerima data dari sumber di internet.

3. Layanan Dan Aplikasi

Perlu kamu ketahui bahwa beberapa layanan dan juga aplikasi yang berjalan di atas jaringan menggunakan IP address untuk beroperasi.

4. Pengaturan Keamanan

Fungsi selanjutnya yaitu IP address dapat digunakan dalam pengaturan keamanan jaringan seperti firewall dan filter IP untuk bisa mengontrol akses dan lalu lintas data.

Sehingga IP address tersebut dapat membatasi akses ke jaringan atau mengizinkan akses hanya dari alamat IP tertentu.

5. Jaringan Lokal

Selain IP publik, ternyata setiap perangkat dalam jaringan lokal juga memiliki alamat IP pribadi.

Di mana alamat IP pribadi tersebut berguna untuk mengidentifikasi perangkat dari jaringan lokal terutama akan memungkinkan komunikasi data antara perangkat di dalam jaringan tersebut.

Perlu kamu ketahui bahwa setiap perangkat yang terhubung ke internet seperti komputer, smartphone, server, printer dan perangkat yang lainnya akan diberi nama IP yang unik.

Di mana IP address tersebut terdiri dari 4 blok angka desimal yang dipisahkan oleh titik contohnya yaitu 192.268.1.1 atau 203.0.113.22.

Nah, dalam beberapa kondisi dan permasalahan jaringan kamu diharuskan untuk mengganti pengaturan IP address secara manual di Windows.

Lantas, Bagaimana cara mengganti pengaturan IP address secara manual di Windows? Yuk simak penjelasan berikut ini.

Cara Mengganti Pengaturan IP Address Secara Manual di Windows

Perlu kamu tahu bahwa pengguna windows ternyata juga bisa mengubah alamat IP pada perangkat lewat kontrol panel.

Berikut ini langkah-langkah yang dapat kamu ikuti untuk mengganti pengaturan IP address secara manual di perangkat windows:

  1. Langkah pertama yang dapat kamu lakukan yaitu buka control panel dengan cara mengklik control panel yang ada pada bagian Kolom pencarian Windows.
  2. Kemudian kami dapat mengklik hasil pencarian yang paling sesuai dan pilih network and sharing Center atau klik network and internet terlebih dahulu apabila tidak menemukan menu tersebut.
  3. Pada bagian menu sebelah kiri, pilih change adapter settings dan klik dua kali pada koneksi internet yang alamat ip-nya ingin kamu ubah.
  4. Setelah itu akan muncul jendela kecil wi-fi statues dan klik properties untuk membuka pengaturan jaringan tersebut.
  5. Barulah kamu dapat mencari menu internet protokol version 4 (TCP/ IPv4) dan klik opsi tersebut.
  6. Nantinya akan terbuka jendela baru, pilih use the following IP your dress agar kamu dapat mengubah alamat IP secara manual.
  7. Selanjutnya isi alamat IP pada kolom IP address dan simpan perubahan dengan mengklik tombol OK.
  8. Sekarang jaringan internet pada perangkat tersebut sudah menggunakan alamat IP yang sudah kamu masukkan sebelumnya secara manual.

Akhir Kata

Itu saja cara mengganti pengaturan IP address secara manual di Windows yang dapat kamu ikuti, semoga apa yang kami sampaikan kali ini bisa membantu dan bermanfaat.

You might also like