5 Cara Menggabungkan Cell di Excel dengan Praktis dan Sederhana

Zonateknologi.com – Microsoft Excel adalah perangkat lunak yang biasanya digunakan untuk mengelola data dan membuat laporan yang efisien. Cara menggabungkan cell di Excel seringkali dicari oleh pengguna baru untuk pengolahan data yang lebih praktis. 

5 Cara Menggabungkan Cell di Excel dengan Praktis dan Sederhana

cara menggabungkan cell di Excel
5 Cara Menggabungkan Cell di Excel dengan Praktis dan Sederhana 178

Menggabungkan sel di Excel memungkinkan pengguna dapat menggabungkan teks dari beberapa sel menjadi satu sel besar. Nah, di artikel ini akan dibahas lima cara praktis dan sederhana untuk menggabungkan cell di lembar kerja Excel.

Menggunakan Fungsi CONCATENATE

Salah satu cara menggabungkan cell di Excel dengan praktis adalah menggunakan fungsi CONCATENATE. Metode penggabungan teks dari beberapa sel menjadi satu dengan cara ini terbilang efektif dan sederhana.

Langkah-langkahnya pun cukup mudah, mulai dengan menuliskan “=” di sel tempat anda ingin hasil penggabungan muncul. Setelah itu ketik “CONCATENATE” yang diikuti oleh tanda kurung buka.

Langkah selanjutnya, masukkan referensi sel yang ingin digabungkan di dalam tanda kurung, pisahkan dengan tanda koma lalu akhiri dengan tanda kurung tutup. Contohnya, =CONCATENATE (A5, ” “, B5) akan menggabungkan teks dari sel A5 dan B5 dengan spasi di antaranya.

Menggunakan Operator & (Ampersand)

Memanfaatkan operator ampersand adalah salah satu cara menggabungkan cell di Excel dengan cara singkat. Penggabungan cell ini dimulai dengan mengetik “=” di sel tempat hasil penggabungan akan muncul, lalu ketik referensi sel pertama diikut oleh tanda “&”, dan diikuti lagi oleh referensi sel kedua. Contoh sederhananya, =A5 & ” ” & B5 akan menggabungkan teks dari sel A5 dan B5 dengan spasi di antaranya.

Menggabungkan Sel dengan fungsi TEXTJOIN

Metode lainnya yang memungkinkan anda dapat menggabungkan teks dari beberapa sel dengan efisien adalah memanfaatkan fungsi TEXTJOIN. Anda dapat menentukan penghubung yang akan digunakan di antara teks yang digabungkan. Contoh sederhananya, =TEXTJOIN (” “, TRUE, A5:B5) akan menggabungkan teks dari sel A5 dan B5 dengan spasi di antaranya.

Menggunakan Fungsi CONCAT

Fungsi CONCAT merupakan versi yang ditingkatkan dari CONCATENATE di Excel 2016 dan versi yang lebih baru. Cara menggabungkan cell di Excel mirip dengan CONCATENATE, namun dengan sintaks yang lebih sederhana. Contohnya =CONCAT(A5, ” “, B5) akan menggabungkan teks dari sel A5 dan B5 dengan spasi di antaranya.

Menggabungkan Sel dengan Tanda Gabung (&)

Metode terakhir untuk menggabungkan teks dari sel-sel yang berbeda yaitu dengan menggunakan operator “&” dalam array formula. Array formula memungkinkan anda dapat menangani rangkaian sel sekaligus. Contohnya adalah {=A1:A5 & ” ” & B1:B5} akan menggabungkan teks dari sel A1 hingga A5 dengan teks dari sel B1 hingga B5 dengan spasi diantaranya.

Demikianlah cara menggabungkan cell di Excel yang dapat dilakukan dengan berbagai metode praktis dan sederhana. Bagi pemula, memahami dasar penggunaan Excel termasuk cara menggabungkan sel adalah langkah penting. Dengan menguasai cara-cara diatas, anda dapat dengan mudah menggabungkan sel di Excel sesuai kebutuhan.

Semoga setelah menyimak uraian diatas, anda akan terbantu untuk meningkatkan efisiensi dalam pengelolaan data di lembar kerja Excel. Jangan ragu mencoba berbagai teknik dalam penggabungan sel agar lebih mahir dalam membuat tata letak laporan yang rapi dan mudah dipahami. Akhir kata, semoga artikel ini bermanfaat ya!

You might also like