Ketahui 3 Cara Menggabungkan 2 Kolom Menjadi 1 di Excel dengan Cepat

Zonateknologi.com – Microsoft Excel merupakan salah satu software spreadsheet yang paling populer digunakan karena mempermudah penyajian data secara cepat, akurat dan efisien. Agar lebih optimal dalam pengelolaan data, setidaknya anda perlu ketahui cara menggabungkan 2 kolom menjadi 1 di Excel dengan cara cepat.

Ketahui 3 Cara Menggabungkan 2 Kolom Menjadi 1 di Excel dengan Cepat

cara menggabungkan 2 kolom menjadi 1 di Excel
Ketahui 3 Cara Menggabungkan 2 Kolom Menjadi 1 di Excel dengan Cepat 179

Dalam kegiatan sehari-hari, seringkali kita perlu menggabungkan data dari beberapa kolom menjadi satu kolom tunggal. Nah, dalam artikel ini akan diurakan tiga cara cepat menggabungkan dua kolom menjadi satu di Excel yang dapat membantu meningkatkan efisiensi dalam pengelolaan data. 

Menggunakan Simbol Ampersand (&)

Salah satu cara menggabungkan dua kolom menjadi satu adalah dengan menggunakan simbol ampersand (&). Cara ini cukup mudah dilakukan, namun anda perlu memperhatikan langkah-langkahnya dengan seksama.

Cara menggabungkan 2 kolom menjadi 1 di Excel dimulai dengan memilih cell yang akan dijadikan tempat meletakkan data gabungan. Penting diingat bahwa cell ini bukanlah yang akan digabung, tetapi hasil dari penggabungan data.

Langkah selanjutnya, ketik tanda sama dengan (=) lalu pilih sel pertama yang ingin digabungkan. Setelah itu, ketik tanda ampersand (&) dan gunakan tanda kutip yang mengapit spasi.

Contoh sederhanya adalah pilih sel yang ingin digabungkan lalu tekan enter. Adapun rumus keseluruhan yaitu =A1&” “&B10”, secara otomatis kolom tersebut akan bergabung menjadi satu. Cara menggabungkan 2 kolom menjadi 1 di Excel dengan fungsi Ampersand pun berhasil.

Menggunakan Fungsi CONCATENATE

Microsoft Excel juga menyediakan fungsi CONCATENATE yang biasanya digunakan untuk menggabungkan teks dari beberapa sel atau kolom. Pemula dapat menggunakan fungsi ini sebagai cara menggabungkan 2 kolom menjadi 1 di Excel. 

Adapun langkah-langkahnya cukup praktis, anda dapat menyusun formula CONCATENATE dengan menyebutkan setiap sel atau teks yang akan digabungkan. Contoh sederhananya, “=CONCATENTAE(A5,B5)”, ini akan menghasilkan hasil yang sama dengan contoh sebelumnya, menggabungkan teks dari sel A5 dan B5.

Selain itu, fungsi CONCATENATE juga dapat digunakan untuk menggabungkan teks dengan teks tambahan atau karakter pemisah. Misalnya, “=CONCATENATE(A5,”B5”)” akan menambahkan spasi di antara teks dari yang digabungkan.

Menggunakan Fungsi TEXTJOIN 

Bagi  pengguna Microsof Excel tahun 2016 dan versi yang lebih baru, fungsi TEXTJOIN dapat digunakan untuk menggabungkan teks dari beberapa sel atau kolom. Penggabungan dua kolom menjadi satu ini cukup mudah dilakukan dan dipahami, bahkan bagi pemula yang baru mengelola data di lembar kerja Excel. 

Fungsi TEXTJOIN memungkinkan anda dapat menggabungkan teks dengan pemisah yang ditentukan dan juga menggabungkan sel-sel yang kosong.  Misalnya, “=TEXTJOIN(“ “.true, A5:B5)” maka akan menggabungkan teks dari sel A5 dan B5 dan B5 dengan spasi sebagai pemisah.

Selain itu, fungsi ini juga memberikan fleksibilitas tambahan dengan parameter tambahan. Nah, inilah yang memungkinkan anda dapat menentukan apakah ingin mengabaikan nilai kosong atau tidak, serta menentukan pemisah yang ingin digunakan.

Nah, demikianlah tiga cara menggabungkan 2 kolom menjadi 1 di Excel yang dapat dilakukan dengan mudah dan cepat. Dari ketiga cara diatas, anda dapat memilih salah satu cara yang dianggap paling praktis. Pastikan pilih cara yang paling sesuai dengan kebutuhan atau situasi anda sehingga dapat meningkatkan efisiensi dalam mengelola data di Excel. Akhir kata, semoga artikel ini bermanfaat ya!

You might also like