Cara Mengcopy di Excel dengan 7 Metode Berbeda yang Mudah Dipraktekkan

Zonateknologi.com – Dalam pengelolaan data di Excel, copy paste atau menyalin dan menempel adalah salah satu keterampilan dasar yang sangat penting. Cara mengcopy di Excel sangat mudah dan dapat dilakukan dengan beragam metode yang berbeda.

Cara Mengcopy di Excel dengan 7 Metode Berbeda yang Mudah Dipraktekkan

Cara mengcopy di Excel
Cara Mengcopy di Excel dengan 7 Metode Berbeda yang Mudah Dipraktekkan 181

Dengan menguasai berbagai teknik copy paste yang beragam, anda dapat mengolah data di Excel dengan lebih mahir dan mampu meningkatkan produktivits saat bekerja dengan spreadsheet. Nah, di artikel ini akan diuraikan tujuh metode yang berbeda dan mudah dipraktekkan untuk mengcopy data di Excel. Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Metode Dasar Menggunakan Tombol Copy-Paste

Metode pertama yang dapat dilakukan untuk mengcopy data di Excel adalah menggunakan tombol copy (Ctrl + C) dan paste (Ctrl + V). Ini adalah cara mengcopy di Excel yang paling umum dan mudah digunakan untuk menyalin dan menempel data.

Caranya pun sederhana, anda cukup memilih sel atau range sel yang ingin disalin, kemudian tekan Ctrl + C untuk menyalinnya. Setelah itu, pindahkan kursor ke sel yang diinginkan dan tekan Ctrl + V untuk menempelnya. 

Menggunakan Tombol Drag-and-Drop

Selain menggunakan tombol copy-paste, ada alternatif lain yang dapat digunakan untuk mengcopy data di lembar kerja Excel dengan lebih praktis. Metode ini memanfaatkan fitur drag-and-drop  yang tersedia di Excel.

Cara mengcopy di Excel dengan teknik ini dimulai dengan memilih sel atau range sel yang ingin disalin, kemudian seret ke sel atau area dimana anda ingin menempelnya. Secara otomatis, Excel akan menyalin isi sel tersebut. 

Menggunakan Menu Contextual untuk Mengcopy

Menu contextual adalah salah satu teknik untuk menyalin dan menempel data di lembar kerja Excel dengan cara sederhana. Mulailah dengan klik kanan pada sel yang ingin disalin, lalu pilih opsi “Copy”, kemudian klik kanan lagi pada sel tempat anda ingin menempelnya dan pilih opsi “Paste”, data selesai di copypaste. 

Menggunakan Shortcut Keyboard Kustom

Untuk mengcopy data di lembar kerja Excel juga dapat dilakukan dengan menggunakan shortcut keyboard kustom. Anda dapat membuat shortcut keyboard kustom agar mempercepat proses copy-paset.

Langkah-langkahnya sangat sederhana dan mudah dipraktekkan bagi pemula. Pertama, buka menu “File” > “Options” > “Quick Access Toolbar”, lalu tambahkan ikon copy dan paste, kemudian tentukan shortcut keyboard yang diinginkan.

Menggunakan Fungsi Fill Handle

Salah satu cara mengcopy di Excel yang dapat dilakukan dengan mudah adalah menggunakan fungsi fill handle. Dimana fungsi ini adalah kotak kecil yang terletak di sudut kanan bawah sel yang digunakan untuk menyalin isi sel atau range sel ke sel lain dengan cepat. Caranya cukup mudah, klik dan seret fill handle ke arah sel yang diinginkan untuk menyalin data.

Menggunakan Fungsi Copy dan Paste Special

Manfaatkan fungsi copy dan paste special yang ada di Excel untuk menempel data dengan berbagai opsi, seperti nilai, format, rumus atau nilai dan format. Langkahnya mudah, pilih sel atau range sel yang ingin disalin, lalu pilih opsi “Paste Special” dari menu “Home” untuk menyesuaikan cara penempelan data.

Menggunakan Fungsi Clipboard

Cara terakhir, anda bisa menggunakan fungsi clipborad Excel untuk menyalin beberapa item sekaligus dan menempelkannya sesuai kebutuhan. Aktifkan Clipboard dengan cara menekan Ctrl + C dua kali, lalu pilih item yang ingin disalin dan tekan Enter untuk menempelkannya.

Dengan menguasai berbagai metode copy-paste yang tersedia di Excel, anda dapat mengelola data dengan lebih efeisien. Cara mengcopy di Excel dapat anda coba dengan salah satu teknik yang telah dijelaskan diatas. Pilihlah metode yang menurut anda paling sesuai dengan kebutuhan. Semoga artikel ini bermanfaat ya!

You might also like