6 Cara Mengatasi Layar HP Android Blank Hitam tapi Nyala yang Gampang Tanpa Harus Beli Baru!

Zonateknologi.com – Apakah Anda pernah mengalami masalah di mana layar HP Android Anda menjadi hitam, tapi masih menyala? Dan tidak tahu dengan cara mengatasi layar HP Android blank hitam tapi nyala?

HP Android yang blank hitam bisa menjadi masalah yang sangat menjengkelkan dan membingungkan. Meskipun tidak jarang, masalah ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor yang berbeda, mulai dari masalah perangkat lunak hingga masalah perangkat keras.

Lantas, apakah ada cara mengatasi layar HP Android blank hitam tapi nyala yang mudah sebelum memutuskan beli ponsel baru? Jawabannya, tentu saja ada! Cek ulasan di bawah ini sampai akhir yuk!

Cara Mengatasi Layar HP Android Blank Hitam tapi Nyala

Cara Mengatasi Layar HP Android Blank Hitam tapi Nyala
6 Cara Mengatasi Layar HP Android Blank Hitam tapi Nyala yang Gampang Tanpa Harus Beli Baru! 211

Berikut adalah beberapa cara mengatasi layar HP Android blank hitam tapi nyala yang dapat Anda coba, antara lain:

1. Coba Restart HP Anda

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mencoba merestart perangkat Anda. Tekan dan tahan tombol daya selama beberapa detik hingga Anda melihat opsi untuk mematikan atau me-restart perangkat. Pilih opsi restart dan lihat apakah masalahnya teratasi setelah perangkat kembali menyala.

2. Periksa Kondisi Baterai

Masalah layar hitam mungkin juga terjadi karena baterai yang lemah atau habis. Pastikan baterai Anda memiliki daya yang cukup untuk menyalakan perangkat. Coba sambungkan perangkat Anda ke charger dan biarkan mengisi daya selama beberapa saat sebelum mencoba menyalakannya kembali.

3. Boot ke Safe Mode

Cobalah untuk booting perangkat Anda ke dalam Safe Mode. Dalam mode ini, perangkat hanya akan menjalankan aplikasi bawaan, yang dapat membantu Anda menentukan apakah masalahnya disebabkan oleh aplikasi pihak ketiga. Caranya dapat bervariasi tergantung pada merek dan model perangkat Anda. Biasanya, Anda bisa menyalakan perangkat dalam mode aman dengan menekan tombol daya, kemudian tekan dan tahan tombol power off atau restart hingga muncul opsi untuk masuk ke mode aman.

4. Perbarui Perangkat Lunak

Pastikan perangkat lunak Anda diperbarui dengan versi terbaru. Terkadang, pembaruan perangkat lunak dapat memperbaiki bug atau masalah yang dapat menyebabkan layar hitam tetapi tetap menyala.

5. Periksa Koneksi Hardware

Sekarang, periksa apakah ada masalah dengan koneksi hardware di perangkat Anda. Cabut semua aksesori yang terhubung seperti kartu SIM, kartu SD, atau casing pelindung. Bersihkan konektor dan pastikan semuanya terpasang dengan benar.

6. Factory Reset

Jika semua langkah di atas tidak berhasil, langkah terakhir yang dapat Anda coba adalah factory reset perangkat Anda. Ini akan mengembalikan perangkat Anda ke pengaturan pabrik dan menghapus semua data yang ada di dalamnya. Pastikan untuk mencadangkan semua data penting sebelum melakukan reset.

Jika setelah melakukan semua langkah di atas masalah masih belum teratasi, mungkin ada masalah dengan komponen perangkat keras di perangkat Anda. Dalam hal ini, disarankan untuk membawa perangkat Anda ke pusat layanan resmi untuk diperiksa lebih lanjut.

Kesimpulan

Masalah layar hitam tetapi tetap menyala pada HP Android bisa disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari masalah perangkat lunak hingga masalah perangkat keras. Dengan mengikuti cara mengatasi layar HP Android blank hitam tapi nyala di atas, Anda dapat mencoba mengatasi masalah tersebut dan mengembalikan fungsi normal perangkat Anda.

Jika Anda masih mengalami masalah, jangan ragu untuk mencari bantuan dari pusat layanan resmi atau forum diskusi online yang berkaitan dengan merek dan model perangkat Anda. Semoga ulasan terkait cara mengatasi layar HP Android blank hitam tapi nyala di atas bermanfaat yah!

You might also like