3 Cara Mengatasi Laptop Freeze dengan Cepat

Zonateknologi.com – Laptop yang hang atau nge-freeze seringkali cukup merepotkan karena tidak bisa dijalankan atai digerakkan meski menyala seperti normal. Lalu, bagaimana cara mengatasi laptop freeze semacam ini? Artikel berikut akan membahas solusi cepat untuk mengatasi kondisi tersebut.

Umumnya, kondisi freeze terjadi karena overheating atau kondisi laptop yang terasa panas melebihi batas normal akibat pemakaian non-stop hingga suhu panas yang terperangkap karena komponen mesin laptop tertutup debu.

Laptop yang tidak kompatibel juga bisa membuat hang karena software tidak dapat diperbarui dan performa hardware menurun. Ditambah lagi jika memori laptom terlalu penuh, sudah pasti akan meningkatkan risiko freeze dan membuat aplikasi mengalami force close, not responding, hingga restart otomatis.

Jika kondisi-kondisi semacam tadi sedang kamu alami, segera cari cara mengatasi laptop freeze dengan cepat. Kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini sebagai solusi praktis saat laptop hang atau nge-freeze.

Cara Mengatasi Laptop Freeze dengan Cepat

Cara Mengatasi Laptop Freeze
3 Cara Mengatasi Laptop Freeze dengan Cepat 128

Tidak perlu panik, cukup terapkan cara mengatasi laptop freeze dengan cepat berikut ini agar kondisi laptopmu kembali normal dan bisa digunakan seperti semula.

1. Kombinasi Tombol

Cara pertama untuk mengatasi laptop freeze adalah dengan kombinasi tombol sebagai cara cepat atau shortcut yang praktis agar laptop bisa normal kembali.

Cobalah untuk menekan tombol “Windows + Ctrl + Shift + B” secara bersamaan selama beberapa detik.

Kombinasi tombol ini cukup umum diketahui untuk mengatasi kondisi layar laptop yang tiba-tiba tidak mau menyala atau nge-freeze.

2. Restart Lewat Task Manager

Kondisi freeze pada laptopmu juga bisa diatasi dan difungsikan kembali dengan cara restart paksa lewat Task Manager, yaitu menekan tombol “Ctrl + Alt + Del” secara bersamaan.

Langkah restart juga bisa dilakukan dengan menekan dan tahan tombol power selama 10-15 detik sampai laptop melakukan restart otomatis. 

3. Hard Reset Laptop

Solusi terakhir mengatasi laptop freeze yaitu dengan hard reset untuk mengembalikan setelan default laptop seperti bawaan dari pabrik. Namun, ada kemungkinan langkah ini akan menghapus seluruh file hingga perlu diantisipasi dengan memindahkan file penting ke flashdisk atau ruang penyimpanan lain.

Ada dua opsi reset yang bisa kamu pilih untuk mengatasi kondisi freeze pada laptomu, antara lain sebagai berikut.

  • Reset dengan opsi Keep My File

Opsi reset Keep My File merupakan pilihan pertama yang bisa kamu lakukan tanpa menghilangkan file yang tersimpan di laptop kecuali aplikasi default. Langkah-langkahnya bisa kamu ikuti dengan urutan berikut ini.

Klik Start > Settings > Update&Security > Recovery > Reset this PC dan klik Get Started > Keep My File > Next > Reset > Sistem di laptop otomatis melakukan reset dan kamu tinggal menunggu prosesnya sampai selesai.

  • Reset dengan opsi Remove Everything

Opsi yang kedua adalah reset Remove Everything yang berarti menghapus semua file di laptop tanpa kecuali, baik itu file dokumen, foto, video, sampai aplikasi tambahan yang sebelumnya kamu download. Jika memilih untuk menggunakan opsi ini, berikut langkah-langkah yang harus kamu ikuti.

Klik Start > Settings > Update&Security > Recovery > Reset this PC dan klik Get Started > Remove Everything > Mengikuti instruksi selanjutnya sampai muncul opsi Reset dan klik > Sistem di laptop otomatis melakukan reset dan tunggu sampai prosesnya selesai.

Itulah tadi beberapa cara mengatasi laptop freeze dengan cepat yang bisa kamu ikuti sesuai panduan langkah di atas agar laptop bisa kembali berfungsi seperti semula. Perlu diingat jika ada cara yang berpotensi menghilangkan file-file yang tersimpan hingga kamu perlu mempertimbangkan opsi tersebut atau mengantisipasi pemindahan file terlebih dahulu.

You might also like