6 Cara Mengatasi Laptop Black Screen 100% Berhasil

Laptop black screen merupakan salah satu kendala yang biasanya terjadi pada komputer, biasanya kendala tersebut dapat menampilkan layar berwarna hitam.

Nah, kondisi tersebut tentunya tidak bisa kamu biarkan karena laptop nantinya tidak dapat digunakan ketika hal tersebut terjadi.

Jika kamu mengalami kendala tersebut maka kamu tidak perlu khawatir karena ada beberapa cara mengatasi laptop black screen.

Cara Mengatasi Laptop Black Screen

Jika laptop yang kamu punya tidak mau menyala dan hanya menunjukkan layar berwarna hitam saja, maka kamu tidak perlu khawatir dan bertindak gegabah.

Karena sebelum kamu membawanya ke tukang servis laptop, maka ada beberapa cara mudah yang dapat kamu coba sendiri. Berikut ini caranya:

1. Restart Laptop

Salah satu cara yang paling sering disarankan ketika perangkat mengalami kendala yaitu melakukan restart. Nah, jika laptop kamu menolak bekerja sama dan hanya menunjukan layar hitam saja. Maka kamu dapat mengikuti langkah berikut.

Cara restart ini dapat dilakukan dengan mudah, Karena kamu hanya perlu menekan tombol power selama kurang lebih 5 detik sampai laptop.

Setelah itu tunggu sekitar 5 sampai 10 menit sebelum laptop tersebut benar-benar kembali menyala.

2. Akses Safe Mode

Cara untuk mengakses safe mode ini dapat dilakukan dengan menekan tombol F8 setelah laptop tersebut sudah benar menyala.

Kemudian kamu dapat melihat beberapa pilihan menu, langsung saja akses save mode dan tekan tombol enter. Lalu ikuti instruksi selanjutnya.

3. Manfaatkan Task manager

Cara ketiga yang dapat kamu ikuti yaitu dengan memanfaatkan fitur task manager, untuk mengakses fitur tersebut kamu dapat menekan tombol ctrl + Alt + Del secara bersamaan.

Nantinya akan muncul tampilan dan kamu dapat memilih add new task, kemudian ketikan Explore.exe dan nantinya laptop kamu akan kembali ke kondisi semula.

4. Unsintall Program Dari Pihak Ketiga

Kendala selanjutnya yang dapat membawa pengaruh buruk dan menyebabkan black screen pada laptop yaitu program dari pihak ketiga seperti anti-virus atau aplikasi penunjang kerja.

Untuk memastikan hal tersebut maka kamu dapat mencoba dengan cara menghapus semua program yang ada.

Langkah pertama yaitu lakukan boot safe mode, kemudian klik start dan lanjutkan dengan memilih setting.

Lalu klik apps dan lanjutkan dengan mengklik apps & features. Setelah itu kamu bisa langsung unsintall semua aplikasi ketiga yang menurut kamu berbahaya.

5. Pastikan RAM Tidak Bermasalah

RAM yang kotor atau longgar tentunya dapat membuat layar laptop kamu menjadi black screen, nantinya kamu dapat mencoba untuk melepaskan RAM dari laptop dan memeriksa apakah ada kotoran yang menumpuk atau kerusakan lain.

Selain itu, kamu dapat memasangkan kembali dengan benar atau bisa langsung menggantinya jika RAM lama kamu sudah benar-benar tidak bisa digunakan kembali.

6. Kembalikan BIOS Ke Pengaturan Awal

Untuk dapat mengembalikan BIOS ke setelan pabrik, maka kamu dapat mencoba untuk masuk ke menu BIOS setup.

Caranya yaitu dengan menekan beberapa kok tombol kombinasi pada keyboard seperti F1, F2, F10 atau DEL yang sesuai dengan tipe dan merek laptop yang kamu gunakan.

Jika kamu sudah berhasil mengakses BIOS setup, maka kamu dapat mengklik bagian exit dan pilih bagian load setup defaults.

Setelah kamu melakukan hal tersebut, nantinya pengaturan bios kamu akan secara otomatis kembali ke settingan pabrik dan laptop kamu akan membaik.

Akhir Kata

Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan mengenai cara mengatasi laptop black screen, semoga penjelasan kali ini bisa sangat membantu dan bermanfaat.

You might also like