Cara Mengatasi HP VIVO Bootloop Stuck Logo, Lakukan 5 Langkah Ini!

Zonateknologi.com – Bagaimana cara mengatasi HP Vivo bootloop stuck logo? Mungkin buat orang awam yang tidak mengerti dengan cara setting ponsel pintar ini akan merasa kesulitan untuk mengatasinya.

Padahal ternyata cara mengatasi HP Vivo bootloop stuck logo sangat mudah sekali loh! Anda tidak perlu membawa ponsel Vivo ke tukang servis ponsel untuk mengatasi masalah Anda.

Lantas, bagaimana cara mengatasi HP Vivo bootloop stuck logo yang mudah? Cek ulasan ini sampai akhir dan ikuti langkah-langkahnya dengan benar ya!

Cara Mengatasi HP VIVO Bootloop Stuck Logo
Cara Mengatasi HP VIVO Bootloop Stuck Logo, Lakukan 5 Langkah Ini! 213

Bootloop merupakan masalah umum yang sering terjadi pada perangkat Android, termasuk HP Vivo. Saat mengalami bootloop, perangkat Vivo akan terus-menerus mencoba untuk memulai sistem operasi namun gagal dan terjebak pada logo Vivo.

Hal ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti kesalahan sistem, instalasi aplikasi yang tidak kompatibel, atau kerusakan pada sistem file.

Namun, tidak perlu khawatir, karena ada beberapa cara mengatasi HP Vivo bootloop stuck logo yang bisa diikuti tanpa harus pergi ke tukang servis ponsel.

Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda coba untuk memperbaiki HP Vivo yang mengalami bootloop dan terjebak pada logo:

1. Lakukan Reboot Sistem

Langkah pertama yang dapat Anda lakukan adalah mencoba me-restart perangkat secara paksa. Untuk melakukan hal ini, tahan tombol daya perangkat selama beberapa detik hingga perangkat mati. Setelah itu, nyalakan kembali perangkat Anda. Terkadang, proses reboot sederhana ini sudah cukup untuk memperbaiki masalah bootloop ringan.

2. Lakukan Wipe Cache Partition

Wipe cache partition adalah proses untuk menghapus file cache sementara yang disimpan di sistem perangkat. Cache yang korup atau terganggu dapat menyebabkan masalah bootloop. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Matikan perangkat Vivo Anda.
  • Tekan dan tahan tombol Volume Up dan Power secara bersamaan sampai masuk ke menu pemulihan.
  • Pilih opsi “Recovery Mode” menggunakan tombol Volume, kemudian tekan tombol Power untuk konfirmasi.
  • Setelah masuk ke mode pemulihan, pilih opsi “Wipe Cache Partition” menggunakan tombol Volume, lalu tekan tombol Power untuk konfirmasi.
  • Tunggu proses penghapusan cache selesai, kemudian pilih opsi “Reboot System Now” untuk me-restart perangkat Anda.

3. Lakukan Factory Reset

Jika masalah bootloop masih persisten setelah melakukan wipe cache partition, Anda dapat mencoba melakukan factory reset. Namun, perlu diingat bahwa langkah ini akan menghapus semua data dan pengaturan yang ada di perangkat. Pastikan Anda telah melakukan cadangan (backup) terlebih dahulu sebelum melanjutkan. Berikut langkah-langkahnya:

  • Masuk ke mode pemulihan seperti yang dijelaskan pada langkah sebelumnya.
  • Pilih opsi “Wipe Data/Factory Reset” dan konfirmasi dengan menekan tombol Power.
  • Setelah proses selesai, pilih opsi “Reboot System Now” untuk me-restart perangkat.

4. Flashing Firmware

Jika kedua langkah di atas tidak berhasil, Anda dapat mencoba melakukan flashing firmware pada perangkat Vivo Anda. Ini adalah proses yang lebih canggih dan memerlukan pengetahuan tambahan tentang pemrograman perangkat Android. Pastikan Anda mengikuti panduan yang tepat dan menggunakan firmware yang sesuai dengan model perangkat Anda.

5. Bawa ke Service Center

Jika semua upaya di atas gagal, maka mungkin ada masalah hardware yang menyebabkan bootloop. Dalam hal ini, disarankan untuk membawa perangkat Vivo Anda ke pusat layanan resmi untuk diperiksa dan diperbaiki oleh teknisi yang terlatih.

Itulah cara mengatasi HP Vivo bootloop stuck logo yang bisa Anda ikuti tanpa harus meminta bantuan dari tukang service ponsel. Pastikan untuk mencadangkan data penting Anda secara berkala dan berhati-hati saat melakukan proses yang melibatkan penghapusan data atau flashing firmware. Semoga artikel ini membantu Anda memperbaiki masalah perangkat Anda.

You might also like