Tidak Harus Saling Follow, Ini 2 Cara Mengaktifkan Fitur DM di TikTok 

Zonateknologi.com – Buat kamu pengguna TikTok, kini ada fitur baru yang memungkinkan untuk mengirim direct message (DM) tanpa harus follow terlebih dahulu. Untuk bisa menggunakan fitur ini, kkamu harus mengetahui cara mengaktifkan fitur DM di TikTok terlebih dahulu.

Sebelumnya, pengguna TikTok hanya bisa berkirim DM dengan teman atau akun yang sudah saling follow. Dalam perkembangannya, TikTok telah memperluas opsi DM ke semua pengguna platform mirip media sosial Instagram.

Jika ingin mengetahui lebih lanjut, simak cara mengaktifkan fitur DM di TikTok berikut ini yang bisa diatur dalam beberapa pilihan opsi privasi dan tanpa aturan keharusan saling follow.

Fitur Privasi DM di TikTok

Cara Mengaktifkan Fitur DM di TikTok
Tidak Harus Saling Follow, Ini 2 Cara Mengaktifkan Fitur DM di TikTok  181

Pembaruan ini diluncurkan TikTok melalui fitur “Who can send you direct messages” atau “Siapa yang bisa mengirimi Anda pesan”. Fitur privasi ini menyediakan empat opsi pengaturan siapa yang bisa mengirim pesan, yaitu sebagai berikut.

Everyone

Opsi ini memungkinkan siapa pun dapat mengirim DM ke akun pengguna. Pesan dari mutual friend dan akun yang di-follow pengguna akan di Kotak Masuk (inbox). Sedangkan pesan dari pengguna lain yang tidak diikuti akan muncul di Message request dan bisa dipilih untuk diterima, dihapus atau dilaporkan. 

Suggested friends

Jika mengatur pesan dengan opsi Suggested friends atau teman yang disarankan, nantinya akun-akun ini bisa mengirimi DM meski tidak saling follow dengan pengguna. Teman yang dimaksud termasuk teman Facebook dan kontak telepon yang disinkronkan. 

Followers you follow back and people you sent messages to

Pengaturan dengan opsi ini akan memungkinkan siapa pun yang mengikuti pengguna dan diikuti balik dapat mengirim DM. 

No one

Untuk opsi “No one”, artinya pengguna tidak dapat menerima DM dari siapa pun di TikTok. Sebagai informasi tambahan, pemilihan opsi ini masih memungkinkan bagi pengguna untuk mengakses riwayat pesan di Kotak Masuk meski tidak menerima pesan langsung apa pun.

Cara Mengaktifkan Fitur DM di TikTok

Terkait cara mengaktifkan fitur DM di TikTok dengan fitur yang semakin luas dan pilihan opsi privasi yang bisa diatur sendiri, kamu bisa mengikuti langkah-langkah mudah berikut ini.

  • Buka aplikasi TikTok di perangkat milikmu.
  • Lalu, klik “Profile”
  • Selanjutnya, klik ikon garis tiga di pojok kanan atas.
  • Setelah itu klik “Settings and Privacy” dan pilih “Privacy”.
  • Kemudian klik “Direct Message” di kolom interactions.
  • Tekan kolom “Direct messages” dan pilih opsi siapa yang bisa mengirimi DM.
  • Jika menggunakan pengaturan default, opsi “Followers you follow back and people you sent messages to” akan diatur secara otomatis. Namun, kamu bisa bebas memilih opsi lain sesuai keinginan.

Beda Fitur DM TikTok dan Instagram

Meski sama-sama menawarkan fitur DM, tetapi ada perbedaan cara kerja antara DM di TikTok dan Instagram.

Di Instagram, ada pengaturan default yang memungkinkan pengguna bisa mengirim DM ke semua orang tanpa perlu mengutak-atik pengaturan apa pun, termasuk jika tidak saling follow dan ditujukan kepada akun centang biru (verified account). 

Sedangkan di TikTok, pengguna harus sama-sama mengaktifkan opsi “Everyone” untuk bisa saling berkirim pesan dari orang lain yang tidak di-follow. Jika hanya salah satu pengguna yang memilih opsi ini, maka pesan yang dikirim tidak akan tersampaikan. Aturan ini bisa diartikan jika berkirim pesan antar pengguna TikTok tidak sebebas di Instagram.

Demikianlah informasi mengenai pengaturan fitur DM terbaru di TikTok dan cara mengaktifkan fitur DM di TikTok yang kini bisa ditujukan kepada semua orang atau sesuai opsi yang dipilih. Apakah akun TikTok milikmu sudah menerapkan fitur terbaru ini? Jangan ragu untuk mencoba dan perluas jangkauan pengaturan berkirim pesan langsung di TikTok.

You might also like