7 Cara Mencari Presentase di Excel dengan Praktis yang Perlu Anda Ketahui

Zonateknologi.com – Microsoft Excel adalah software yang memiliki kemampuan untuk melakukan berbagai jenis perhitungan statistik. Namun terkadang, ada salah satu tugas yang sedikit rumit dilakukan, seperti mencari presentase dari sejumlah data. Padahal, penting mengetahui cara mencari presentase di Excel agar pengolahan data dapat dilakukan dengan efisien.

7 Cara Mencari Presentase di Excel dengan Praktis yang Perlu Anda Ketahui

Mencari presentase mungkin terdengar hal yang sepele, namun bagi pemula cukup sulit mencari presentase di lembar kerja Excel. Nah, di artikel ini akan diuraikan tujuh cara mencari presentase, mulai dari yang paling mendasar hingga cara paling canggih untuk membantu meningkatkan produktivitas dalam penggunaan Excel.

cara mencari presentase di Excel
7 Cara Mencari Presentase di Excel dengan Praktis yang Perlu Anda Ketahui 179

Menggunakan Operator Perkalian

Cara pertama yang bisa anda coba untuk mencari presentase di lembar kerja Excel adalah menggunakan operator perkalian (*). Metode ini cukup mudah dilakukan dan dipahami oleh pemula.

Apabila anda ingin menghitung presentase dari suatu angka terhadap total, cukup dengan mengalikan angka tersebut dengan 100 dan membaginya dengan total. Contoh sederhannya, jika anda memiliki angka 50 dari total 100, rumusnya akan menjadi “=(50*100) / 100” sehingga hasilnya adalah 50 %.

Menggunakan Fungsi Presentase Bawaan Excel

Cara mencari presentase di Excel juga dapat dilakukan dengan menggunakan fungsi presentase bawaan dari Excel. Fungsi bawaan ini menyediakan PERCENTAGE yang dapat digunakan untuk menghitung presentasi dari suatu angka terhadap totalnya. Contohnya, “=PERCENTAGE(50,100)” akan menghasilkan nilai 50 %. 

Menggunakan Rumus Presentase Sederhana

Selain menggunakan fungsi bawaan, cara mencari presentase di Excel juga dapat dilakukan dengan membuat rumus presentase sederhana menggunakan rumus dasar Excel. Caranya pun cukup praktis, contoh sederhanya misalnya rumus “= (angka / total) * 100” maka akan memberikan hasil presentase dari sutau angka terhadap totalnya.

Menggunakan Fungsi IF

Fungsi IF dalam lembar kerja excel hanya dapat dilakukan untuk menghitung data berdasar kriteria tertentu. Artinya, anda dapat menggunakan fungsi ini untuk menghitung presentase hanya untuk data yang memenuhi syarat tertentu. Misalnya, “=IF(kriteria, (angka/total) * 100, 0)” akan menghitung presentase hanya untuk data yang memenuhi krietria tersebut.

Menggunkan Fungsi COUNTIF

Adapun alternatif lain cara mencari presentase di Excel yaitu dengan menggunakan fungsi COUNTIF. Namun, menghitung presentase melalui fungsi ini hanya untuk menghitung jumlah data yang memenuhi kondisi tertentu.

Contoh sederhana saat anda menghitung presentase menggunakan fungsi COUNTIF yaitu “=(COUNTIF(range, kriteria) / COUNT (rang)) * 100”. Dimana hasil dari penghitungan ini akan memberikan presentase data yang memenuhi kriteria tersebut.

Menggunakan PivotTable

PivotTable merupakan salah satu alat yang dapat dijadikan fungsi untuk mencari presentase dari sebuah data di lembar kerja Excel. PivotTable dapat digunakan dengan mudah untuk menghitung presentase dari berbagai kategori data secara otomatis.

Menggunakan Rumus Array

Cara terakhir adalah dengan menggunakan rumus array, ini dapat dilakukan untuk menghitung presentase dari beberapa kriteria sekaligus. Penggunaan rumus array memungkinkan anda untuk melakukan perhitungan kompleks secara efisien dalam satu langkah.

Nah, diatas adalah berbagai metode atau cara mencari presentase di Excel yang dapat dilakukan dengan mudah. Setelah memahami artikel ini, semoga dapat membantu langkah anda dalam pengelolaan data, khususnya saat mencari atau menghitung presentase dari sebuah data di lembar kerja Excel.

You might also like