Cara Menampilkan Sheet di Excel yang Hilang dengan 6 Cara Praktis

Zonateknolgi.com – Microsoft Excel adalah salah satu perangkat lunak (software) yang dapat membantu pengguna untuk mengatur dan menganalisis data dengan efisien. Walaupun spreadsheet paling populer digunakan, tidak menutup kemungkinan pengguna akan dihadapkan dengan masalah seperti lembar kerja atau sheet yang tiba-tiba menghilang. Untuk itu, sangat penting mengetahui cara menampilkan sheet di Excel.

Cara Menampilkan Sheet di Excel yang Hilang dengan 6 Cara Praktis

cara menampilkan sheet di Excel
Cara Menampilkan Sheet di Excel yang Hilang dengan 6 Cara Praktis 178

Sheet di Excel yang tiba-tiba hilang bisa terjadi karena berbagai faktor, mulai dari masalah teknis hingga kesalahan pengguna. Namun jangan khawatir, bagi anda yang ingin menampilkan atau mengerjakan data yang hilang tersebut, anda bisa memunculkan kembali sheet yang menghilang dengan berbagai metode berikut ini.

Menggunakan Tombol Scroll

Sheet yang menghilang biasanya hanya tersembunyi diantara banyak sheet yang ada di lembar kerja Excel. Untuk itu, cara menampilkan sheet di Excel yang paling mudah adalah menggunakan tombol scroll yang terletak di bagian bawah jendela Excel. Anda bisa mencoba gulir ke kiri atau kanan untuk melihat apakah sheet yang tersembunyi sudah muncul.

Menggunakan Fitur Unhide

Microsoft Excel menyediakan fitur “Unhide” yang memungkinkan pengguna dapat menampilkan kembali sheet yang menghilang. Langkah-langkahnya cukup mudah, klik kanan pada nama sheet di bagian bawah jendela Excel, lalu pilih “Unhide”. Secara otomatis akan muncul daftar sheet yang hilang, lalu pilihlah yang ingin ditampilkan kembali. 

Memeriksa Tab View

Cara menampilkan sheet di Excel yang mungkin telah disembunyikan secara sengaja atau tidak adalah dengan menggunakan tab View. Untuk memeriksanya, cobalah buka tab View di menu Excel, lalu periksalah apakan ada centang di sebelah sheet yang hilang pada opsi “Hide”. Jika ada, anda dapat menghapus centangnya untuk menampilkan kembali sheet yang tersembunyi.

Menggunakan Fitur Group

Fitur Group yang ada di Microsoft Excel memungkinkan pengguna dapat mengelompokkan sheet secara bersamaan, yang membuatnya terlihat seperti satu sheet tunggal. Pengguna bisa secara tidak sengaja menggabungkan sheet yang seharusnya tidak digabung sehingga salah satu sheet bisa menghilang. Cara menampilkan sheet di Excel dalam kelompok yang hilang dapat dilakukan dengan meng-klik tanda “+” di samping kelompok tersebut.

Menggunakan Menu Format

Alternatif lain yang dapat dilakukan untuk memunculkan kembali sheet yang hilang atau tersembunyi adalah melalui menu format. Langkahnya mudah, buka lembar kerja Excel dan pergi ke menu Home, lalu klik Format. Selanjutnya pilih Hide & Unhide lalu pilih opsi Unhide Sheet. Kemudian klik Worksheet yang anda cari, klik tombol “OK” dan sheet yang menghilang akan muncul kembali.

Memeriksa File Recovery

Cara terakhir yang dapat dilakukan jika anda sudah mencoba semua cara diatas namun sheet yang menghilang belum juga muncul adalah dengan memeriksa file recovery. Untuk itu, periksa file recovery dengan membuka tab File > Info > Manage Workbook. Kemudian anda akan menemukan opsi untuk memeriksa apakah ada file recovery yang tersedia untuk file Excel yang sedang dikerjakan.

Nah, demikianlah berbagai cara menampilkan sheet di Excel yang hilang atau tersembunyi dengan metode praktis. Setelah memahami berbagai metode memunculkan kembali sheet yang menghilang, sudah seharusnya anda dapat mencegah kehilangan sheet dengan menyimpan salinan cadangan secara teratur. Akhir kata, semoga artikel ini bermanfaat ya!

You might also like