Pahami 5 Cara Menambahkan Rp di Excel dengan Mudah dan Cepat

Zonateknologi.com – Salah satu kunci keberhasilan dalam dunia bisnis dan keuangan adalah kemampuan mengelola data secara efisien. Nah, dalam hal ini tentu saja dibutuhkan peran Microsoft Excel untuk membantu mempermudah proses penghitungan, termasuk dalam hal penambahan nilai mata uang. Sehingga pengguna perlu menguasai bagaimana cara menambahkan Rp di Excel yang paling mudah dan cepat.

5 Cara Menambahkan Rp di Excel dengan Mudah dan Cepat

cara menambahkan Rp di Excel
Pahami 5 Cara Menambahkan Rp di Excel dengan Mudah dan Cepat 179

Microsoft Excel merupakan software yang banyak sekali membantu mempercepat pekerjaan di bagian finansial. Salah satu manfaat sederhana dari Excel adalah menambahkan simbol rupiah ke dalam sel perhitungan. Nah, bagi anda yang belum mengetahui caranya, simak ulasan berikut tentang cara penambahan rupiah di lembar kerja Excel dengan praktis.

Menggunakan Fungsi SUM

Salah satu fungsi fitur SUM yang tersedia di lembar kerja Excel adalah menambahkan sejumlah sel atau rentang sel dengan cepat. Dengan menggunakan fitur ini, anda dapat menambahkan nilai mata uang dengan menggunakan rumus sederhana seperti =SUM(A5:A10), dimana A5 hingga A10 adalah rentang sel yang ingin ditambahkan.

Menggunakan Format Cell Khusus

Salah satu cara menambahkan Rp di Excel yang praktis dilakukan adalah dengan menggunakan Format Cell Khusus. Memasukkan nilai mata uang rupiah di lembar kerja Excel melalui Format Cell Khusus dapat dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini.

Langkah pertama, pilih satu sel atau rentang sel yang ingin anda format. Setelah mengklik kanan pada sel, akan muncul menu konteks. Kemudian pilih opsi “Format Cells” untuk membukan jendela “Format Cells”.

Di dalam jendela “Format Cells” anda bisa memilih kategori “Currencey” yang tersedia di panel sebelah kiri. Kategori ini nantinya akan menampilkan format mata uang. Setelah itu, barulah anda dapat memilih format yang paling sesuai dengan preferensi dan kebutuhan anda.

Nah, setelah memilih format yang diinginkan, lalu klik tombol “OK” untuk menerapkan format tersebut pada sel atau rentang sel yang dipilih. Terakhir, angka yang dimasukkan ke dalam sel tersebut akan ditampilkan dengan simbol Rp sesuai dengan format yang dipilih tadi.

Menggunakan Fungsi SUMIF

Ada cara menambahkan Rp di Excel yang dianggap paling mudah, yakni dengan memanfaatkan fungsi SUMIF. Pada lembar kerja Excel, fungsi SUMIF memungkinkan pengguna dapat menambahkan nilai berdasarkan kriteria tertentu.

Dengan menggunakan fungsi SUMIF, anda dapat menambahkan semua nilai penjualan yang melebihi jumlah tertentu. Fungsi SUMIF dengan rumus =SUMIF(A5:A10,”>1000000), secara otomatis Excel akan menambahkan nilai dari sel A5 sampai A10 yang lebih besar dari 1.000.000.

Menggunakan Tabel Pivot

Tabel Pivot merupakan salah satu alat yang dapat membantu untuk menganalisis dan merangkum data dalam lembar kerja Excel. Nah, ini termasuk cara menambahkan Rp di Excel dengan mudah yang dapat dilakukan oleh pemula. 

Caranya cukup praktis, anda dapat menambahkan nilai mata uang menggunakan Tabel Pivot dengan memilih kolom yang berisi nilai yang ingin ditambahkan. Kemudian pilihlah fungsi perhitungan yang anda inginkan, seperti jumlah atau rata-rata.

Menggunakan Fungsi AutoSum

Fungsi AutoSum merupakan fitur yang tersedia di Excel, memungkinkan pengguna dapat menambahkan nilai dengan cepat tanpa perlu mengetik rumus. Cukup dengan memilih sel di sebelah kanan atau bawah rentang nilai yang ingin ditambahkan, lalu klik tombol AutoSum di toolbar Excel. Secara otomatis, Excel akan menambahkan rumus SUM untuk anda.

Demikianlah beberapa cara menambahkan Rp di Excel yang dapat dilakukan dengan mudah dan cepat. Dengan menguasai berbagai teknik diatas, diharapkan dapat meningkatkan produktivitas dalam membantu pekerjaan anda sehari-hari.

You might also like