3 Cara Menambah Kolom pada Excel ke Bawah dan Samping dengan Praktis

Zonateknologi.com – Microsoft Excel merupakan aplikasi lembar kerja yang sering digunakan untuk mengolah data. Dalam pengolahan data biasanya dibutuhkan penambahan kolom baru untuk memasukkan informasi atau data tambahan. Sehingga pengguna Excel perlu menguasai cara menambah kolom pada Excel, baik kolom ke bawah maupun ke samping dengan praktis.

Cara Menambah Kolom pada Excel ke Bawah dan Samping dengan Praktis

Bagi pengguna Excel, sangat penting memahami cara menambahkan kolom ke bawah dan samping agar semua data Excel yang dikerjakan bisa tertata rapi. Walaupun sebenarnya penambahan kolom mudah dilakukan, namun tidak semua pengguna menguasai caranya. Untuk itu, simak penjelasan lebih lengkapnya tentang cara penambahan kolom berikut ini.

cara menambah kolom pada Excel
3 Cara Menambah Kolom pada Excel ke Bawah dan Samping dengan Praktis 179

Menambahkan Kolom ke Bawah dan Samping Melalui Tab Insert

Metode pertama yang dapat digunakan sebagai cara menambah kolom pada Excel dengan mudah adalah menggunakan tab Insert. Anda bisa menambahkan kolom ke bawah maupun ke samping melalui menu Tata Letak yang ada di lembar kerja Excel.

Penambahan kolom dimulai dengan mengklik sel kolom di sebelah kanan atau kiri kolom atau di tempat yang ingin anda tambahkan. Kemudian masuk ke menu tab Tata Letak dan pilih grup Baris dan Kolom.

Langkah berikutnya, pilih opsi “Sisipkan ke Kiri” atau “Sisipkan ke kanan” untuk menambahkan kolom di samping. Lalu pilih opsi “Sisipkan di Bawah” untuk menambahkan kolom ke bawah. Kemudian gunakan mouse untuk menyeret kolom dan pilih jumlah kolom yang ingin ditambahkan jika ingin menambah kolom sekaligus.

Menambahkan Kolom ke Bawah dan Samping dengan Klik Kanan

Cara menambah kolom pada Excel dengan praktis dapat dilakukan dengan meng-klik kanan pada lembar kerja. Metode ini adalah alternatif yang paling mudah dilakukan jika dibandingkan dengan cara pertama diatas.

Adapun langkah yang dapat digunakan untuk penambahan kolom dengan metode ini yaitu dimulai dengan memilih sel yang disebelah kanan, kiri atau atas yang akan ditambahkan. Kemudian klik kanan pada sel tersebut. 

Langkah selanjutnya, pilih opsi Shift Cell Right atau Entire Column untuk menambahkan kolom di samping. Sementara itu, untuk menambahkan kolom ke bawah pilih Shift Cell Down. Selesai, dan kolom lembar kerja Excel akan bertambah secara otomatis.

Menambahkan Kolom ke Bawah dan Samping dengan Pintasan Keyboard

Selain menggunakan fitur Excel diatas, cara menambah kolom pada Excel juga bisa dilakukan dengan memanfaatkan pintasan papan tik atau keyboard. Metode ini cukup mudah dipraktekkan dan dikuasai oleh pengguna Excel. 

Cara menyisipkan kolom Excel dengan metode ini dimulai dengan memilih sel yang disampingnya akan ditambahkan kolom. Kemudian tekan tombol “Ctrl + Shift +” +”, dan secara otomatis akan terbentuk kolom baru dengan lebih cepat.

Salah satu kebutuhan saat bekerja menggunakan Microsoft Excel adalah menambahkan kolom di antara kolom yang sudah diisi dengan data. Pengguna mungkin perlu menambahkan kolom karena adanya data yang terlupa untuk ditambahkan. Untuk itu, sangat penting menguasai bagaimana cara penambahan kolom di lembar kerja Excel dengan cara yang mudah dan cepat. 

Demikianlah cara menambah kolom pada Excel ke bawah dan samping dengan praktis yang mungkin dibutuhkan saat anda tengah bekerja menggunakan lembar kerja Excel. Semoga dengan menguasai berbagai cara penambahan kolom diatas, anda bisa lebih mahir dalam pengelolaan data.

You might also like