10 Cara Mempercepat Windows 10 yang Mudah dan Bisa Dilakukan Dimana Saja!

Zonateknologi.com – Bagaimana cara mempercepat Windows 10? Itu adalah pertanyaan umum yang banyak ditanyakan oleh pengguna baru dari sistem operasi tersebut.

Karena memang tidak semua orang bisa dan mengetahui cara mempercepat Windows 10. Sebab bila salah arahan, bisa merusak sistem yang ada di perangkat.

Lantas, apakah ada cara mempercepat Windows 10 yang mudah dan bisa dilakukan dimana saja sebelum dibawa ke servis laptop? Tentu saja ada! Cek ulasan ini sampai akhir dan temukan jawabannya yah!

Cara Mempercepat Windows 10

Cara Mempercepat Windows 10
10 Cara Mempercepat Windows 10 yang Mudah dan Bisa Dilakukan Dimana Saja! 213

Windows 10 adalah salah satu sistem operasi paling populer di dunia, digunakan oleh jutaan pengguna di seluruh dunia. Walaupun memiliki fitur canggih dan kemampuan yang luas, terkadang kinerja Windows 10 bisa menjadi lambat atau kurang responsif.

Berikut adalah beberapa tips dan trik yang dapat membantu Anda mempercepat kinerja Windows 10 Anda. Ikuti cara mempercepat Windows 10 di bawah ini, antara lain:

1. Perbarui Sistem dan Driver Perangkat Keras Anda:

Pastikan Windows 10 Anda dan semua driver perangkat kerasnya diperbarui ke versi terbaru. Perbaruan ini sering mengandung perbaikan bug dan peningkatan kinerja yang dapat membantu meningkatkan kinerja sistem Anda.

2. Nonaktifkan Efek Visual yang Tidak Diperlukan:

Windows 10 memiliki banyak efek visual yang mempercantik tampilan, namun efek-efek ini dapat membebani sumber daya sistem. Anda dapat mempercepat kinerja dengan mematikan efek-efek yang tidak diperlukan seperti animasi transparansi dan efek bayangan.

3. Optimalkan Pengaturan Energi:

Pengaturan energi yang tidak tepat dapat memperlambat kinerja sistem. Pastikan untuk mengatur pengaturan energi Anda ke mode yang sesuai dengan kebutuhan Anda, misalnya, mode High Performance untuk kinerja maksimum.

4. Bersihkan Disk dan File Sementara:

Disk yang penuh dapat memperlambat kinerja sistem. Gunakan utilitas bawaan seperti “Disk Cleanup” untuk membersihkan file sementara, cache, dan file yang tidak perlu lainnya secara teratur.

5. Nonaktifkan Program yang Tidak Diperlukan pada Startup:

Banyak program akan secara otomatis mulai berjalan saat Windows booting, yang dapat memperlambat waktu boot dan mengurangi kinerja sistem secara keseluruhan. Nonaktifkan program-program yang tidak diperlukan dari daftar startup untuk mempercepat booting dan membebaskan sumber daya sistem.

6. Gunakan Antivirus yang Ringan:

Beberapa program antivirus cenderung membebani sumber daya sistem secara signifikan. Pilihlah antivirus yang ringan dan efisien untuk memastikan perlindungan yang baik tanpa mengorbankan kinerja.

7. Upgrade RAM dan Disk SSD:

Jika memungkinkan, tambahkan lebih banyak RAM ke sistem Anda dan upgrade ke disk SSD. RAM tambahan akan meningkatkan kemampuan sistem untuk menangani aplikasi dan proses secara bersamaan, sedangkan SSD akan meningkatkan waktu boot dan kecepatan akses data secara keseluruhan.

8. Nonaktifkan Layanan yang Tidak Diperlukan:

Windows 10 memiliki banyak layanan latar belakang yang berjalan secara otomatis, beberapa di antaranya mungkin tidak diperlukan oleh sebagian besar pengguna. Nonaktifkan layanan-layanan yang tidak diperlukan melalui utilitas “Services.msc” untuk menghemat sumber daya sistem.

9. Defrag Disk secara Berkala:

Meskipun disk SSD tidak perlu didaftar ulang, disk konvensional masih memerlukan defragmentasi secara berkala untuk memastikan akses data yang cepat dan efisien.

10. Periksa Aplikasi yang Menggunakan Banyak Sumber Daya:

Gunakan Task Manager untuk memantau aplikasi mana yang menggunakan banyak sumber daya sistem dan menutup atau menggantinya dengan alternatif yang lebih ringan jika diperlukan.

Dengan menerapkan cara mempercepat Windows 10 di atas, Anda dapat meningkatkan kinerja Windows 10 Anda secara signifikan, memberikan pengalaman pengguna yang lebih lancar dan responsif. Jangan ragu untuk menyesuaikan langkah-langkah ini dengan kebutuhan dan preferensi Anda sendiri.

You might also like