Cara Membuat Tanda Tangan di Excel Tanpa Ribet dengan 3 Metode Efektif

Zonateknologi.com – Excel adalah aplikasi pengolahan data dan tabel yang biasanya seringkali membutuhkan tanda tangan digital di dalamnya. Apakah bisa membubuhkan tanda tangan di lembar kerja Excel ? Tentu saja, cara membuat tanda tangan di Excel dengan praktis dapat dilakukan dengan mengetahui triknya.

Cara Membuat Tanda Tangan di Excel Tanpa Ribet dengan 3 Metode Efektif

cara membuat tanda tangan di Excel
Cara Membuat Tanda Tangan di Excel Tanpa Ribet dengan 3 Metode Efektif 179

Tanda tangan merupakan elemen penting dalam dokumen digital yang menunjukkan keabsahan atau persetujuan. Nah, untuk itu penting bagi pengguna Excel mengetahui berbagai metode efektif membuat tanda tangan di lembar kerja Excel. Simak uraian lengkapnya beirkut ini ya.

Menggunakan Gambar Tanda Tangan

Ingin membubuhkan tanda tangan di lembar kerja Excel namun bingung bagaimana caranya ? Anda bisa menggunakan metode pertama ini sebagai cara membuat tanda tangan di Excel untuk lebih menghemat waktu.

Adapun langkah-langkahnyan cukup mudah, pertama mulai dengan membuat tanda tangan menggunakan alat pembuat tanda tangan digital. Setelah itu, simpan tanda tangan tersebut sebagai file gambar dalam format JPEG atau PNG. 

Langkah berikutnya, buka file Excel tempat dimana anda ingin menambahkan tanda tangan. Lalu pilih sel yang ingin anda ingin bubuhkan tanda tangan dan masukkan gambar tanda tangan yang telah anda simpan.

Kemudian anda dapat menyesuaikan ukuran dan posisi gambar sesuai kebutuhan. Melalui metode ini, anda tidak perlu repot membuat tanda tangan di lembar kerja Excel karena cara ini terbilang sangat praktis.

Menggunakan Font Tanda Tangan

Cara membuat tanda tangan di Excel berikutnya adalah dengan menggunakan font tanda tangan. Anda bisa membuat tanda tangan digital secara online dengan pilihan font yang paling disukai. Setelah memilih font yang sesuai, lalu instal font tersebut di komputer anda.

Langkah selanjutnya, buka file Excel yang ingina nda tambahkan tandatangan. Lalu pilih sel dimana anda ingin menempatkan tanda tangan tersebut dan ketikkan tanda tangan anda menggunakan font yang telah dipilih. 

Jangan lupa untuk menyesuaikan ukuran, warna dan gaya font sesuai kebutuhan dan keinginan anda. Cara membuat tanda tangan di Excel dengan menggunakan metode ini terbukti memberikan hasil yang lebih konsisten dan profesional.

Menggunakan Fitur Digital Signature Excel

Metode terakhir untuk membuat tanda tangan secara cepat di lembar kerja Excel adalah menggunakan fitur digital signature yang tersedia di Excel. Dengan menggunakan fitur ini, anda dapat membuat tanda tangan secara elektronik dengan sertifikat digital.

Digital signature ini adalah fitur yang memastikan keabsahan dan keamanan tanda tangan. Dimana untuk menggunakan fitur ini, sebelumnya pastikan memiliki sertifikat digital yang valid atau resmi dari otoritas sertifikasi yang terpercaya. 

Setelah memiliki sertifikat digital, anda dapat membuka file Excel yang ingin diberikan tanda tangan. Kemudian pilih tab “File” di ribbon Excel, lalu pilih “Info”. Di bagian kanan jendela, akan muncul opsi “Protect Workbook” dengan ikon digital sigantuer. Klik ikon tersebut lalu ikuti petunjuk untuk menambahkan tanda tangan digital anda ke dalam dokumen Excel.

Nah, demikianlah berbagai metode efektf yang dapat dijadikan sebagai panduan cara membuat tanda tangan di Excel. Dari ketiga metode diatas, anda dapat memilih metode yang paling sesuai dan dianggap paling praktis. Semoga setelah memahami berbagai metode menambahkan tanda tangan di Excel ini, anda bisa lebih mahir dalam menggunakan Excel dan meningkatkan profesionalitas dokumen Excel anda dengan mudah ya!

You might also like