4 Cara Membuat Rumus di Excel Lengkap untuk Pemula yang Mudah Dipahami

Zonateknologi.com – Microsoft Excel merupakan sebuah program aplikasi lembar kerja yang sangat berguna dalam dunia bisnis. Salah satu fitur terpenting dari Excel yang belum dikuasai oleh pemula adalah cara membuat rumus di Excel. Padahal, rumus sangat berfungsi untuk membantu dalam melakukan berbagai jenis perhitungan matematika, analisis data dan manipulasi yang kompleks dengan efisien. 

Cara Membuat Rumus di Excel Lengkap untuk Pemula yang Mudah Dipahami

Melalui Microsoft Excel, pengguna dapat membuat rumus sederhana yang digunakan untuk analisis data dan dokumentasi. Namun proses pembuatan rumus di Excel mungkin terlihat rumit. Nah, untuk membantu pemula dalam memahami cara pembuatan rumus yang lengkap dan sederhana, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

cara membuat rumus di Excel
4 Cara Membuat Rumus di Excel Lengkap untuk Pemula yang Mudah Dipahami 179

Cara Membuat Rumus Excel Praktis

Penting diketahui bagi semua pengguna Excel bahwa dalam penulisan rumus selalu dimulai dengan tanda sama dengan (=). Kemudian diikuti konstanta yang berupa nilai dan operator perhitungan seperti tanda plus (+), minus (-), tanda bintang (*) dan garis miring (/).

Dalam lembar kerja Excel, tanda plus (+) berfungsi untuk operasi penjumlahan, tanda minus (-) untuk operasi pengurangan dan tanda bintang (*) untuk operasi perkalian. Sementara itu, tanda garis miring (/) berfungsi untuk operasi pembagian dan tanda panah ke atas (^) untuk operasi pangkat dan akar.

Cara membuat rumus di Excel yang pertama dimulai dengan mengetik tanda sama dengan (=) pada sel yang diinginkan. Kemudian masukkan data angka dan tanda perhitungan sesuai kebutuhan pengolahan data.

Cara Menggunakan Rumus yang Ditulis Sendiri

Dalam membuat rumus di lembar kerja Excel sebenarnya sangat mudah dilakukan jika pengguna sudah memahami cara membuat rumus di Excel yang telah dijelaskan pada point pertama tadi.

Untuk menggunakan rumus yang ditulis sendiri, mulai dengan mengetik tanda sama dengan (=) pada sel yang ingin digunakan untuk menuliskan rumus. Kemudian ketik nama rumus yang ingin dipakai menggunakan huruf besar atau kecil. Selanjutnya, masukkan tanda buka kurung, dan masukkan input sesuai dengan yang dibutuhkan oleh rumus. Terakhir, ketik tanda tuutp kurung lalu tekan Enter.

Cara Menggunakan Rumus yang Disediakan 

Cara membuat rumus di Excel yang terakhir ini termasuk langkah paling praktis karena lembar kerja Excel telah menyediakan rumus. Pengguna hanya perlu memilih rumus yang diinginkan dan langkah-langkahnya sangat mudah dipahami oleh pemula. 

Langkah pertama, ketik tanda sama dengan (=) pada sel yang ingin digunakan untuk menuliskan rumus. Kemudian ketik nama rumus yang ingin dipakai, boleh menggunakan huruf besar atau kecil sesuai keinginan. Selanjutnya, pilih rumus yang ingin dipakai yang telah disediakan oleh Excel. Lalu, masukkan tanda buka kurung dan masukkan input sesuai dengan yang dibutuhkan oleh rumus. Terakhir, ketik tanda tutup kurung lalu tekan Enter.

Contoh Rumus Sederhana

Contoh rumus sederhana akan diuraikan pada pembahasan kali ini untuk memberikan pemahaman bagi pemula mengenai cara pembuatan rumus. Langkah pertama, mulai dengan membuka lembar kerja Excel lalu klik sel tempat yang ingin dimasukkan rumus.

Langkah berikutnya, ketik tanda sama dengan (=) diikuti oleh konstanta dan operator yang ingin digunakan dalam perhitungan. Ketik =7+3*2 lalu tekan Enter. Excel akan mengalikan dua angka terakhir dan menjumlahkan angka pertama dengan hasilnya.

Dengan mengikuti langkah-langkah diatas, anda akan lebih mudah dalam memahami cara membuat rumus di Excel. Untuk memperkuat pemahaman anda tentang pembuatan rumus di Excel, jangan ragu untuk terus mencoba sehingga lebih mahir dalam membuat rumus Excel ya!

You might also like