Pahami 3 Cara Membuat Pangkat di Excel dengan Mudah dan Cepat

Zonateknologi.com – Microsoft Excel adalah salah satu alat yang paling sering digunakan dalam dunia bisnis dan analisis data. Aplikasi lembar kerja ini memungkinkan pengguna dapat mengolah dan menghitung data yang bersifat numerik.

Namun sayangnya, operasi matematika sederhana seperti perhitungan pangkat seringkali membuat sebagian besar pengguna merasa bingung karena belum menguasai cara membuat pangkat di Excel.

3 Cara Membuat Pangkat di Excel dengan Mudah dan Cepat

cara membuat pangkat di Excel
Pahami 3 Cara Membuat Pangkat di Excel dengan Mudah dan Cepat 179

Melakukan perhitungan pangkat dengan mudah dan cepat rupanya belum dikuasai oleh banyak pengguna Excel. Padahal, dengan mengetahui cara praktis membuat pangkat di Excel dapat meningkatkan efisiensi dalam pekerjaan harian. Untuk itu, berikut akan diuraikan cara mudah dan cepat dalam membuat pangkat di Excel yang harus Anda ketahui.

Cara Mengaktifkan Fitur Superscript dan Subscript

Setiap ingin melakukan pengubahan pada pengaturan di sel Excel, anda harus membuka menu Format Cells terlebih dahulu. Ini juga berlaku jika ingin mengaktifkan fitur superscript (pangkat atas) dan subscript (pangkat bawah) di Microsoft Excel.

Cara membuat pangkat di excel yang pertama yaitu buka lembar kerja excel lalu klik dua kali pada teks yang ingin Anda ubah formatnya. Atau cara lain yang lebih praktis dapat juga mengklik sel dan tekan tombl F2 pada keyboard supaya bisa mengedit isi teks.

Kemudian buka menu “Format Cells” dengan menekan Crtl +1 melalui keyboard. Atau menggunakan cara lain dengan klik kanan sel dan pilih opsi Format Cells. Setelah itu, Format Cells dialog box akan terbuka lalu klik tab Font.

Langkah selanjutnya, pada tab Font temukan menu “Effect” lalu beri centang opsi Superscript atau Subscript. Jika sudah selesai memilih sesuai kebutuhan, barulah klik OK untuk menyimpan pengaturan. Setelah keluar dari dialog box, secara otomatis teks yang sebelumnya diblok akan berubah menjadi pangkat. Superscript untuk pangkat atas dan subscript akan berubah menjadi pangkat bawah.

Cara Praktis Menggunakan Fitur Superscript

Cara membuat pangkat di excel ternyata juga dapat dilakukan dengan menggunakan fitur superscript melalui cara praktis dan cepat. Selain mengikuti tutorial pada point sebelumnya, Anda juga bisa menyalakan fitur superscript dengan langkah-langkah berikut ini.

Langkah pertama, tulis teks pada sel lalu blok teks yang ingin Anda ubah menjadi pangkat atas. Kemudian tekan Ctrl + 1 pada keyboard dilanjutkan dengan menekan tombol Alt + E. Setelah itu tekan Enter dan sistem excel secara otomatis akan mengubah teks yang Anda blok menjadi pangkat atas.

Cara Mengaktifkan Fitur Superscript dan Subscript dari Toolbar

Bagi Anda pengguna Microsoft Excel versi 2016 ke atas, anda dapat menggunakan tutorial ini sebagai cara membuat pangkat di excel dengan lebih cepat dan efektif. Dengan melalui quick access toolbar, proses mengaktifkan fitur pangkat atas dan pangkat bawah akan lebih menghemat waktu.

Langkah pertama, klik ikon anak panah kecil di pojok kiri atas pada lembar kerja Microsoft Excel. Setelah di klik, akan muncul pop-up menu lalu pilih opsi “More Commands”. Kemduian di bawah opsi “Choose commands from” pilih menu Commands Not in The Ribbon.

Setelah itu, akan muncul deretan opsi, pilih Subscript yang tersedia di dalam daftar lalu klik Add. Kemudian ulangi langkah di atas untuk memilih opsi superscript dan pilih Add. Jika sudah selesai, klik OK untuk menyimpan pengaturan yang baru dibuat. Akhirnya, ikon superscript dan subscript akan muncul di pojok kiri atas. Anda bisa dengan mudah mengklik ikon tersebut jika ingin membuat pangkat.

Nah, demikianlah tiga cara membuat pangkat di excel yang seharusnya anda ketahui jika ingin meningkatkan kemahiran dalam menggunakan Microsoft Excel. Setelah memahami berbagai metode untuk membuat pangkat superscript dan subscript, diharapkan dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas dalam pekerjaan Anda ya!

You might also like