Cara Membuat Kurva S di Excel Mudah dan Lengkap bagi Pemula, Ada 7 Langkah!

Zonateknologi.com – Dalam lembar kerja Excel, seringkali pengguna membutuhkan kurva S untuk mengelola grafik dengan efisien. Kurva S merupakan salah satu jenis grafik yang biasanya digunakan dalam analisis data untuk menunjukkan pertumbuhan yang cepat, melambat hingga stabil. Lantas, bagaimana cara membuat kurva S di Excel?

Cara Membuat Kurva S di Excel Mudah dan Lengkap bagi Pemula

cara membuat kurva S di Excel
Cara Membuat Kurva S di Excel Mudah dan Lengkap bagi Pemula, Ada 7 Langkah! 178

Membuat kurva S sebenarnyan terbilang mudah, namun juga cukup sulit dilakukan bagi pemula. Untuk itu, diperlukan trik khusus agar dapat membuat kurva S dengan mudah. Berikut akan dibahas panduan atau langkah-langkah dalam pembuatan kurva S yang lengkap dan mudah dipahami oleh pemula.

Persiapan Data

Langkah pertama untuk membuat kura S adalah dengan menyiapkan data yang akan digunakan. Data ini biasanya terdiri dari dua kolom, dimana kolom pertama berisikan nilai-nilai waktu atau variabel independen. Sementara kolom keuda berisi nilai-nilai yang sesuai dari variabel dependen. Urutkan data yang terisi dari nilai terendah ke nilai tertinggi.

Membuat Grafik Scatter Plot

Setelah melengkapi data, cara membuat kurva S di Excel berikutnya adalah membuat grafik scatter plot. Kemudian pilih kedua kolom data anda , lalu buka tab “Insert” di ribbon Excel. Selanjutnya, pilih opsi “Scatter” di dalam tab “Insert” dan pilihlah salah satu jenis scatter plot yang anda inginkan. Sebaiknya pilih scatter plot yang menampilkan titik-titik tanpa garis penghubung.

Menambahkan Garis Tren

Dalam pembuatan kurva S, anda memperlukan garis tren ke grafik scatter plot. Untuk itu, mulailah dengan klik kanan pada salah satu titik data di grafik, kemudian pilih opsi “Add Trendline”. Setelah itu, akan muncul jendela dialog dan pilih jenis garis tren yang sesuai dengan data anda. Pilih opsi “S-Curve” lalu sesuaikan derajat polinomialnya sesuai kebutuhan.

Menyesuaikan Garis Tren

Cara membuat kurva S di Excel berikutnya adalah menyesuaikan garis tren agar sesuai dengan data.  Klik kanan pada garis tren di grafik, lalu pilih opsi “Format Trendline”. Kemudian atur berbagai parameter seperti gaya garis tren, warna dan juga ketebalannya. Selain itu sesuaikan juga parameter lain seperti slope dan intercept untuk memperbaiki kecocokan garis tren dengan data anda.

Menambahkan Label dan Judul 

Untuk membuat grafik terlihat lebih informatif, anda bisa menambahkan label sumbu dan judul grafik.  Klik dua kali pada label sumbu untuk mengeditnya, kemudian ganti teks default dengan label yang sesuai untuk sumbu-x dan sumbu-y. Setelah itu, barulah tambahkan juudl grafik yang sesuai dengan data.

Menambahkan Gridlines

Menambahkan gridlines pada kurva S juga dapat dilakukan jika anda ingin membuatnya terlihat lebih menarik. Ini akan berguna untuk membantu pembaca lebih mudah dalam menafsirkan data. Klik kanan pada grafik, lalu pilih opsi “Add Major Gridlines”.

Finalisasi dan Penyesuaian

Cara membuat kurva S di Excel yang terakhir adalah melakukan pemeriksaan pada garfik dan penyesuaian jika diperkukan. Pastikan garfik anda terlihat jelas, informatif, rapi dan mudah dipahami oleh pembaca.

Nah, demikianlah langkah-langkah atau cara membuat kurva S di Excel secara lengkap dan mudah dipahami. Untuk membuat grafik anda terlihat lebih menarik dan informatif, jangan ragu untuk bereksperimen dengan berbagai opsi dan fitur yang tersedia di lembar kerja Excel ya!

You might also like