3 Cara Mematikan Windows Update yang Paling Mudah Dilakukan

Windows 10 secara otomatis memeriksa pembaruan, mengunduh dan menginstalnya, untuk cara mematikan windows update atau menonaktifkan pembaruan otomatis windows ini akan menjadi lebih sulit dibandingkan versi sistem operasi sebelumnya.

Windows Update merupakan komponen dan bagian penting dari sistem operasi Windows. Fitur ini secara teratur memeriksa server Microsoft untuk pembaruan, patch, dan driver perangkat yang tersedia.

Jika ditemukan, windows update akan melaporkan dan menawarkan untuk mengunduh dan menginstalnya. Hal ini sangat penting karena pembaruan meningkatkan kinerja, stabilitas, dan keamanan sistem.

Tetapi bagi sebagian orang mungkin juga termasuk kamu tidak terlalu membutuhkan fitu windows 10 ini, bahkan juga ada yang merasa terganggu dengan adanya notifikasi penawaran untuk menginstal pembaharuan.

Cara Mematikan Windows Update

Cara Mematikan Windows Update

cara mematikan windows update dapat dilakukan dengan mudah, berikut ini adalah langkah langkah yang harus lakukan:

1. Nonaktifkan layanan Pembaruan Windows

Pembaruan Windows pada dasarnya hanyalah Layanan Windows biasa dan dapat dimatikan dengan cara yang sama seperti layanan lainnya.

  1. Aktifkan perintah Run (Win + R). Ketik “ services.msc ” dan tekan Enter.
  2. Pilih layanan Pembaruan Windows dari daftar di jendela Layanan.
  3. Klik pada tab “General” dan ubah “Startup Type” menjadi “Disabled
  4. Nyalakan ulang mesin kamu.

Saat kamu ingin mengaktifkan kembali pembaruan otomatis, kamu cukup mengikuti prosedur yang sama kecuali kamu memilih “Otomatis” saat memilih “Jenis Startup”.

2. Kelola Koneksi Wifi Windows 10

Jika kamu menggunakan WiFi untuk menghubungkan Windows 10 ke Internet, kamu memiliki pilihan untuk mengatur koneksi terukur. Dalam koneksi terukur, bandwidth dihemat hanya dengan mengunduh dan menginstal pembaruan prioritas secara otomatis.

Metode ini mungkin masih abu abu, tetapi pembaruan fitur driver dan perangkat lunak yang dapat menyebabkan masalah stabilitas diminimalkan, kamudapat mengikuti langkah langkah ini untuk mengkonfigurasikannya:

  1. Buka aplikasi Pengaturan Windows (Win+I)
  2. Klik pada bagian ‘Jaringan & Internet‘.
  3. Buka ‘Wi-Fi‘ dan klik ‘Kelola jaringan yang dikenal‘.
  4. Pilih jaringan dan di ‘ Properti ‘ alihkan opsi ‘ Tetapkan sebagai koneksi terukur‘ ke ‘Aktif ‘.

Untuk beberapa alasan, Microsoft hanya menawarkan opsi ini jika kamu menggunakan koneksi WiFi. Jika kamu terhubung ke Internet melalui kabel Ethernet, kamu tidak akan dapat mengatur koneksi terukur.

3. Edit Kebijakan Grup

kamu dapat membuat perubahan pada Editor Kebijakan Grup jika kamu menggunakan edisi Windows 10 Education, Pro, atau Enterprise.

Jika kamu memilih cara ini, pembaruan keamanan akan tetap diinstal secara otomatis. Untuk semua pembaruan lainnya, kamu akan diberi tahu bahwa pembaruan tersebut tersedia dan dapat menginstalnya sesuai keinginan.

Ini adalah cara kerja pembaruan Windows sebelumnya. Saat ini, Microsoft ingin menghilangkan kebutuhan bagi pengguna baru untuk terlibat dalam pembaruan, namun mereka menerapkan hal ini dengan mengorbankan fleksibilitas bagi pengguna yang lebih berpengalaman.

Berikut cara memperbarui Editor Kebijakan Grup untuk mencegah pembaruan otomatis Windows 10:

  1. Buka perintah Jalankan (Win + R). Ketik “gpedit.msc” dan tekan Enter untuk membuka editor kebijakan grup.
  2. Telusuri “Konfigurasi Komputer” ke “Templat Administratif”.
  3. Pilih “Komponen Windows” dan kemudian “Pembaruan Windows”.
  4. Pilih opsi di sebelah kanan “Konfigurasi Pembaruan Otomatis.”
  5. Pilih opsi yang menunjukkan “Beri tahu untuk unduh dan instal otomatis”.
  6. Klik “Terapkan” dan “OK”.
  7. Ketik “Pembaruan Windows” ke dalam menu Mulai dan pilih “Pengaturan Pembaruan Windows.”
  8. Restart komputer kamu untuk menyelesaikan pembaruan editor kebijakan grup.
  9. Periksa pembaruan. kamu akan diberi tahu oleh Windows jika ia menemukannya, namun aplikasi tersebut tidak lagi diinstal secara otomatis.

Mulai saat ini, Windows akan memberi tahu bahwa pembaruan telah tersedia dan merupakan tanggung jawab kamu untuk memastikan pembaruan tersebut diunduh dan diinstal.

You might also like